Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmi! XL Axiata (EXCL) Umumkan Akuisisi Link Net (LINK)

XL Axiata telah menyelesaikan negosiasi terkait akuisisi 1.816.735.484 saham atau setara dengan 66,03 persen saham LINK dari PT First Media Tbk (KLBV) dan Asia Link Dewa Pte. Ltd.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 30 Juli 2021  |  18:01 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — Axiata Group Berhad resmi mengakuisisi PT Link Net Tbk. (LINK) melalui entitas usahanya di Indonesia, PT XL Axiata Tbk. (EXCL).

Berdasarkan pengumuman XL Axiata kepada otoritas Bursa Efek Indonesia, perseroan telah menyelesaikan negosiasi terkait akuisisi 1.816.735.484 saham atau setara dengan 66,03 persen saham LINK dari PT First Media Tbk (KLBV) dan Asia Link Dewa Pte. Ltd.

“Para pihak telah menandatangani term sheet yang belum mengikat untuk mengambil alih sebanyak 1.816.735.484 saham yang mewakili sekitar 66,03 persen dari jumlah modal disetor dan ditempatkan dalam PT Link Net Tbk.,” demikian tertulis dalam pengumuman XL Axiata tersebut, seperti dikutip Bisnis, Jumat (30/7/2021)

Adapun struktur transaksi akan disepakati oleh para pihak dari waktu ke waktu dan akan tunduk pada ketentuan yang tercantum dalam Perjanjian Jual Beli. Apabila PJB telah ditandatangani, EXCL dan/atau Axiata Group akan menjadi pengendali baru Link Net.

Sebelumnya, Presiden Direktur sekaligus CEO Link Net Marlo Budiman mengonfirmasi bahwa dua pemegang sahamnya, PT First Media Tbk. (KBLV) dan Asia Link Dewa Pte. Ltd. (ALD) tengah bernegosiasi dengan investor strategis soal penjualan saham perseroan.

“Seluruh saham [Link Net] yang akan dilepas total 66,03 persen,” ujar Merlo kepada Bisnis, Rabu (7/7/2021) malam. Namun, Marlo enggan memerinci siapa investor strategis yang berniat meminang LINK.

Equity Analyst NH Korindo Sekuritas Indonesia Restu Pamungkas mengatakan jika terealiasi maka aksi korporasi ini akan sangat menguntungkan bagi kedua emiten, LINK dan EXCL, dalam mengembangkan bisnis mereka.

“Tentu akan menjadi hal positif antara kedua emiten tersebut, sebab memungkinkan diantaranya untuk berkolaborasi terhadap bisnis keduanya ke depannya,” ujar Restu kepada Bisnis, Kamis (8/7/2021).

Dia menuturkan, EXCL yang saat ini masih terus mengembangkan bisnis XL Home dapat bekerja sama dengan LINK untuk menambah jumlah pangsa pasar mereka di masa mendatang.

“Aksi ini yang sebenarnya dibutuhkan oleh emiten operator telco, bergabung untuk memperkuat bisnisnya,” imbuh Restu.

Sementara untuk LINK dapat lebih fokus berekspansi dalam penambahan koneksi internet home-pass di luar Pulau Jawa dengan bantuan koneksi EXCL, yang mana perseroan dapat menambah pelanggan baru secara agresif dengan menawarkan produk-produk unggulan yang kompetitif dan memberikan konten terlengkap kepada pelanggan.

“Jadi dampak untuk keduanya bisa kerja sama antar bisnis untuk meningkatkan pelanggan dan pangsa pasar keduanya,” tegas Restu.

Senada, Analis Reliance Sekuritas Anissa Septiwijaya juga memandang positif kabar aksi korporasi tersebut, apalagi dia melihat LINK merupakan salah satu penyedia layanan via kabel yang terbesar di Indonesia.

Di sisi lain, Link Net juga menyediakan layanan televisi berbayar dengan kualitas premium, koneksi broadband internet berkecepatan tinggi, dan komunikasi data untuk pelanggan retail dengan merek "First Media", dan pelanggan korporasi dengan merek "Link Net".

“Sehingga hal tersebut bisa dimanfaatkan EXCL untuk meningkatkan bisnis fixed broadband-nya karena pangsa pasar LINK juga cukup besar,” ujar Anissa.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata akuisisi first media link net
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top