Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SBR010 Laris Rp7,5 Triliun, Generasi Milenial Jadi Investor Terbesar

Dari total 23.337 investor yang membeli SBR010, 46,1 persen diantaranya merupakan generasi milenial atau berusia di kisaran 20 hingga 40 tahun.
Ilustrasi kaum milenial/Istimewa
Ilustrasi kaum milenial/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan resmi menetapkan hasil penjualan obligasi ritel seri SBR010 senilai Rp7,5 triliun.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Senin (19/7/2021), Walaupun diterbitkan dengan kupon terendah sepanjang penerbitan SBN ritel sejak tahun 2006, animo masyarakat untuk membeli SBR010 sangat besar.

"Hal ini terbukti dengan target maksimal penerbitan SBR010 yang telah terpenuhi di dua hari sebelum penutupan masa penawaran SBR010," demikian kutipan keterangan resmi tersebut.

Generasi milenial mendominasi pembelian obligasi ritel tersebut. Dari total 23.337 investor, 46,1 persen diantaranya merupakan generasi milenial atau berusia di kisaran 20 hingga 40 tahun. Menyusul di belakangnya adalah Generasi X atau kelompok usia 41 – 55 tahun sebesar 30,8 persen.

"Hal ini mencerminkan terus meningkatnya kesadaran generasi muda untuk berinvestasi dan SBR010 menjadi instrumen yang tepat untuk mulai belajar berinvestasi," ujar Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Luky Alfirman dikutip dari keterangan resmi tersebut.

Selanjutnya, generasi baby boomers atau kelompok usia 54 – 74 tahun mencakup 20,3 persen dari keseluruhan investor. Kelompok usia ini juga menjadi penyumbang nominal pemesanan terbesar sebanyak 40,4 persen dari total pemesanan.

Selanjutnya, kelompok usia diatas 75 tahun menyumbang sebanyak 1,6 persen dari total keseluruhan investor disusul oleh generasi Z sebanyak 1,2 persen.

Adapun, berdasarkan profesi, sektor pegawai swasta masih menjadi kontributor investasi terbesar dengan 40,2 persen diikuti oleh wiraswasta sebanyak 20 persen. Kalangan ibu rumah tangga dan PNS/ TNI/Polri mengikuti dibelakangnya dengan kontribusi masing-masing sebesar 9,9 persen dan 6,8 persen.

Sementara itu, jumlah investor baru SBR010 sebanyak 9.068 investor atau mencakup 38,9 persen dari total investor.

Pada penerbitan SBR010 kali ini, terdapat 1.316 investor yang melakukan pemesanan dengan nominal Rp1 juta. Angka ini jauh lebih besar dibandingkan dengan penerbitan SBR sebelumnya di tahun 2020 dimana terdapat 886 investor yang melakukan pemesanan di Rp1 juta.

Dari total jumlah investor SBR010 yang membeli di nominal Rp1 juta, hampir seluruhnya merupakan generasi milenial, sebanyak 81 persen dan didominasi oleh investor baru sebanyak 65,6 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper