Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Saham Unilever (UNVR) Melonjak, Tersulut Sentimen Vaksin?

Saham PT Unilever Indonesia Tbk menguat 3,33 persen menjadi Rp7.750 per saham pada pukul 09.47 WIB, Selasa (19/1/2021).
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 19 Januari 2021  |  10:08 WIB
Unilever - www.unilever.co.id
Unilever - www.unilever.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Saham emiten konsumer PT Unilever Indonesia Tbk. meluncur di zona hijau sejak perdagangan dibuka pagi ini. Emiten berkode UNVR itu disebut bakal digandeng oleh pemerintah untuk mendistribusikan vaksin Covid-19 ke daerah-daerah.

Berdasarkan data Bloomberg, UNVR menguat 3,33 persen menjadi Rp7.750 per saham pada pukul 09.47 WIB, Selasa (19/1/2021). Kapitalisasi pasar UNVR tercatat senilai Rp295,66 triliun. Baru-baru ini, UNVR santer diberitakan bakal mendukung dan berkolaborasi dengan pemerintah untuk mendistribusikan vaksin Covid-19.

Pemerintah disebut akan mengandalkan jalur distribusi rantai dingin milik Unilever. Adapun, vaksin Covid-19 produksi Sinovac yang digunakan pemerintah dalam program vaksinasi virus corona harus disimpan di tempat dengan suhu 2—8 derajat Celcius.

Dengan bantuan distribusi rantai dingin milik UNVR, pemerintah pun bakal lebih mudah mengendalikan penyimpanan vaksin yang akan didistribusikan hingga ke 20.000 puskesmas se-Indonesia.

Berdasarkan laporan keuangan per 30 September 2020, UNVR membukukan penurunan laba bersih 1,29 persen secara tahunan menjadi Rp5,44 triliun.. 

Penurunan laba tertekan oleh kenaikan pos beban pemasaran dan penjualan serta pos beban umum dan administrasi. Namun demikian, pendapatan UNVR naik 0,3 persen menjadi Rp32,46 triliun pada periode Januari-September 2020.

Unilever mampu mencetak pertumbuhan pendapatan berkat kenaikan penjualan domestik sebesar 0,8 persen. UNVR juga mencatat peningkatan positif pada penjualan ritel domestik (tanpa Unilever Food Solutions) sebesar 1,7 persen pada tahun berjalan September 2020.

Pertumbuhan ini didorong oleh peningkatan penjualan produk kesehatan dan kebersihan, seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan selama pandemi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

unilever Vaksin transaksi saham
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top