Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tambah Modal, Induk SCTV dan Bohir Bukalapak (EMTK) Siap Private Placement

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk siap menerbitkan saham baru maksimal 5,5 miliar lembar. Dana hasil private placement akan digunakan untuk modal kerja dan pengembangan usaha.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 12 Januari 2021  |  16:24 WIB
Logo PT Elang Mahkota Teknologi Tbk dan sejumlah portofolio usahanya. - emtek
Logo PT Elang Mahkota Teknologi Tbk dan sejumlah portofolio usahanya. - emtek

Bisnis.com, JAKARTA - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) berencana menambah modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu alias private placement. Perolehan dana segar dari aksi korporasi ini akan digunakan untuk memperkuat modal kerja dan pengembangan usaha.

Berdasarkan keterangan resmi perseroan, emiten bersandi EMTK itu berencana menerbitkan sebanyak-banyaknya 5,5 miliar lembar saham dengan nominal Rp20 per saham. Jumlah tersebut setara sebanyak-banyaknya 9,75 persen dari jumlah seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan.

Untuk memuluskan rencana tersebut, emiten milik konglomerat Eddy Kusnadi Sariaatmadja itu akan meminta restu pemegang saham pada 18 Februari 2021. Perseroan akan punya waktu dua tahun untuk mengeksekusi rencana private placement bila pemegang saham setuju terhadap rencana tersebut. 

Dengan perhitungan 10 persen Penambahan Modal adalah setara dengan 5.643.957.342 saham dikurangi jumlah saham MESOP sebanyak 141.000.000 saham.

"Saham yang akan dikeluarkan oleh Perseroan tersebut adalah saham atas nama dengan nilai nominal yang sama dengan nilai nominal saham perseroan yang telah dikeluarkan, yaitu Rp20 per saham," tulis manajemen EMTK dalam keterbukaan informasi, Selasa (12/1/2021).

Dengan adanya sejumlah saham baru yang dikeluarkan dalam rangka PMTHMETD, bagi pemegang saham EMTK akan mengalami penurunan (dilusi) kepemilikan saham secara proporsional sesuai dengan jumlah saham baru yang dikeluarkan yaitu sebanyak-banyaknya 8,88 persen.

Dilusi tersebut dinilai manajemen EMTK relatif kecil dan harga pelaksanaan ditentukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di pasar modal sehingga diharapkan tidak merugikan pemegang saham saat ini.

Jumlah saham baru EMTK yang diterbitkan sebanyak-banyaknya 5,5 miliar saham. Adapun modal ditempatkan dan disetor sebelum pelaksanaan private placement yakni sebesar 56,4 miliar saham. Dengan demikian, jumlah modal ditempatkan dan disetor Perseroan setelah private placement meningkat paling banyak menjadi 61,9 miliar saham.

Sebagaimana diketahui, harga pelaksanaan private placement paling sedikit 90 persen dari rata-rata harga penutupan saham perseroan selama 25 hari bursa berturut-turut di Pasar Reguler sebelum tanggal pencatatan saham tambahan hasil private placement.

Dengan kriteria tersebut, 90 persen dari rata-rata harga penutupan saham EMTK selama 25 hari berturut-turut per 12 Januari 2020 mencapai Rp1.156,35. Bila saham yang diterbitkan maksimal 5,5 miliar, EMTK berpotensi meraup dana Rp6,36 triliun. Namun ini hanya asumsi karena belum diketahui kapan waktu pelaksanaan private placement. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

elang mahkota teknologi private placement sariaatmadja
Editor : Rivki Maulana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top