Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sering Kebut-kebutan di Lantai Bursa, Saham AGRO, ADHI, dan FIRE Digembok BEI

Saham PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk.,  PT Adhi Karya (Persero) Tbk., dan PT Alfa Energi Investama Tbk. digembok berjamaah oleh Bursa Efek Indonesia karena pergerakan harganya naik sangat signifikan.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 21 Desember 2020  |  11:19 WIB
Papan elektronik menampilkan perdagangan harga saham di Jakarta, Senin (23/3/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Papan elektronik menampilkan perdagangan harga saham di Jakarta, Senin (23/3/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia menerapkan suspensi sementara perdagangan saham PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk.,  PT Adhi Karya (Persero) Tbk., dan PT Alfa Energi Investama Tbk. dalam rangka cooling down.

Dalam pengumuman di laman resmi BEI, penghentian perdagangan sementara atau suspensi saham itu dilakukan karena kedua saham tersebut mengalami peningkatan harga kumulatif yang signifikan. Penerapan suspensi dimulai pada sesi perdagangan hari ini, Senin (21/12/2020).

“Bursa menghimbau kepada pihak-pihak yang berkepentingan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Perseroan.,” tulis BEI, dikutip Senin (21/12/2020).

Adapun, penghentian sementara perdagangan saham dengan kode AGRO, ADHI, dan FIRE dilakukan di pasar reguler dan pasar tunai. Investor pun diminta mengambil waktu untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada sebelum menempatkan investasinya.

Untuk diketahui, saham AGRO ditutup menguat taham 7,25 persen ke posisi 1.035 pada perdagangan Jumat (18/12/2020). Dalam enam bulan terakhir, saham AGRO melesat 708,59 persen. Total transaksi dalam enam bulan terakhir mencapai 20,2 miliar lembar dengan nilai transaksi Rp9,4 triliun.

Saham AGRO kembali melejit setelah suspensi saham dibuka akhir pekan lalu. Adapun sehari sebelumya, saham AGRO digembok karena pergerakan sahamnya naik gila-gilaan.

Setali tiga uang, saham ADHI menguat 11,49 persen pada perdagangan akhir pekan lalu, naik ke level 1.650. Dalam enam bulan terakhir saham ADHI sudah naik 157,81 persen. Total perdagangan saham ADHI mencapai 4,3 miliar dengan nilai transaksi Rp3,9 triliun.

Sementara itu, kinerja saham FIRE lebih mencengangkan karena mencetak kenaikan 1.078 persen dalam enam bulan. Dalam rentang waktu tersebut, saham FIRE diperdagangkan sebanyak 3,3 miliar lembar dengan nilai transaksi Rp1,2 triliun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa efek indonesia adhi karya suspensi bri agro alfa energi
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top