Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Naik Gila-gilaan, Saham AGRO dan APEX Akhirnya Digembok Bursa

Bursa Efek Indonesia menerapkan suspensi sementara saham PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. dan PT Apexindo Pratama Duta Tbk. karena mengalami peningkatan harga kumulatif yang signifikan.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 17 Desember 2020  |  14:31 WIB
Pelajar berada di Main Hall Bursa Efek Indonesia Jakarta. Bisnis - Dedi Gunawan
Pelajar berada di Main Hall Bursa Efek Indonesia Jakarta. Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia menerapkan suspensi sementara perdagangan saham PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. dan PT Apexindo Pratama Duta Tbk. mulai hari ini, Kamis (17/12/2020).

Dalam pengumuman di laman resmi BEI, penghentian perdagangan sementara atau suspensi saham itu dilakukan karena kedua saham tersebut mengalami peningkatan harga kumulatif yang signifikan.

“Dalam rangka cooling down, PT Bursa Efek Indonesia memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham,” tulis BEI, dikutip Kamis (17/12/2020).

Adapun, penghentian sementara perdagangan saham dengan kode AGRO dan APEX dilakukan di pasar reguler dan pasar tunai. Investor pun diminta mengambil waktu untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada sebelum menempatkan investasinya.

Berdasarkan data Bloomberg, saham BRI Agroniaga ditutup dengan kenaikan fantastis 19,14 persen menjadi Rp965 per saham pada akhir perdagangan Rabu (16/12/2020). Selama sebulan terakhir, AGRO melonjak 128,67 persen.

Sementara saham APEX ditutup menguat hingga 25 persen menjadi Rp530 per saham pada perdagangan kemarin. Sehari sebelumnya, kenaikan harga APEX juga signifikan sebesar 24,71 persen. Dalam sepekan terakhir, APEX melesat 143,12 persen.

Selain memberikan suspensi atas saham AGRO dan APEX, BEI juga memberikan peringatan berupa unusual market activity (UMA) untuk saham PT Zebra Nusantara Tbk.  Emiten dengan kode saham ZBRA itu terkena UMA karena terjadi peningkatan harga yang signifikan dan di luar kebiasaan.

Di lantai bursa, saham ZBRA sudah menguat selama empat hari berturut-turut. HIngga pukul 14.14 WIB, ZBRA melambung 19,80 persen menjadi Rp121 per saham.

Pada perdagangan kemarin, ZBRA menjadi saham top gainers dengan lonjakan harga sebesar 34,67 persen. Selama sepekan terakhir, ZBRA melesat 128,30 persen.

Adapun, informasi terakhir mengenai ZBRA di BEI tertanggal 30 November 2020 merupakan laporan informasi atau fakta material perubahan data entitas anak usaha.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa efek indonesia suspensi apexindo bri agro
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top