Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bursa Efek Indonesia (BEI) Evaluasi 10 Indeks Saham, Cek Perubahannya!

Perubahan anggota indeks atau konstituen saham akan berlaku mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021.
Pengunjung berada di dekat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pengunjung berada di dekat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com,JAKARTA — PT Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mengevaluasi 10 indeks saham dan menetapkan perubahan daftar saham untuk periode perdagangan Agustus 2020 hingga Januari 2021.

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hasan Fawzi mengungkapkan ada 10 indeks yang diumumkan hasil review atau evaluasi pada Jumat (24/7/2020) malam. Daftar tersebut menurutnya akan mulai berlaku pada Agustus 2020.

“Proses evaluasi yang kami lakukan baik kondisi dan aspek kuantitatif, fundamental, maupun historis transaksi dan pola transaksinya dilihat dari periode waktu kondisi terakhir,” jelasnya kepada Bisnis, Jumat (24/7/2020) malam.

BEI merombak daftar saham yang masuk ke dalam Indeks LQ45 dan IDX30. Keduanya merupakan indeks yang memiliki anggota atau konstituen 45 dan 30 saham dengan likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar. Anggota indeks juga memiliki fundamental baik dengan tingkat kepatuhan tinggi.

Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia Yulianto Aji Sadono mengatakan indeks LQ45 dan IDX30 diharapkan dapat menjadi acuan bagi investor untuk melihat harga saham berdasarkan kriteria tersebut. Selain itu, kedua indeks tersebut dapat menjadi underlying bagi manajer investasi (MI) untuk menerbitkan produk investasi lan seperti reksa dana dan exchange traded fund (ETF).

Bursa menambahkan tiga emiten baru ke dalam daftar Indeks LQ45 yakni PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA), PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA), dan PT Summarecon Agung Tbk. (SMRA).

Sebagai gantinya, BEI mendepak PT Barito Pacific Tbk. (BRPT), PT Matahari Department Store Tbk. (LPPF), dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT).

Untuk IDX30, BEI menambahkan PT Bank BTPN Syariah Tbk. (BTPS), PT XL Axiata Tbk. (EXCL), dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR). 

Adapun, tiga saham yang keluar dari penghitungan IDX30 yakni PT Barito Pacific Tbk. (BRPT), PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT), PT PP (Persero) Tbk. (PTPP).

Selain LQ45 dan IDX30, ada delapan indeks lainnya yang dievaluasi oleh BEI dan diumumkan pada Jumat (24/7/2020) malam. Berikut hasil lengkap evaluasi dan daftar saham tambahan dan keluar periode Agustus 2020—Januari 2021:

Perubahan Anggota pada 10 Indeks Saham
Nama IndeksSkala EvaluasiSaham MasukSaham Keluar
LQ45MayorMDKA, MIKA, SMRABRPT, LPPF, WSKT
IDX80MayorAPLN, BDMN, BJTM, BMTR, BRIS, BULL, CLEO, KAEF, LINK, SMBR, BKSL, BNGA, BRPT, ESSA, HRUM, INDY, KBLI, LPKR, LPPF, WSKT
IDX30MayorBTPS, EXCL, TOWRBRPT, PTPP, WSKT
Kompas100BerkalaBBKP, BDMN, BRIS, BULL, HKMU, INAF, KAEF, KINO, LINK, PSAB, SIMP BKSL, BNGA, BOGA, ESSA, HRUM, MGRO, PPRO, SMCB, TDPM, TELE, TOPS
IDX BUMN20MayorKAEF, SMBRADHI, WTON
SMinfra18Minor--
IDX SMC CompositeBerkalaBELL, BHAT, BYAN, CARE, CEKA, DAYA, HDFA, INTP, IPCM, JECC, KBAG, MAYA, MLPT, PGUN, POLL, PTPW, SAMF, SAPX, ARKA, ASGR, BOLA, BRNA, CARS, CASS, CFIN, DUCK, ECII, GWSA, HRME, IFSH, INTA, IPCC, IRRA, ISSP, ITIC, JAST, KIAS, KJEN, KKGI, KRAH, LAND, MARI, MDLN, MINA, MLPL, MPPA, MTPS, NZIA, OMRE, PJAA, POLU, PTSP, REAL, SAME, SCBD, SOCI, TDPM, TELE, TOWR, TRIM, VICO, VOKS
IDX SMC LiquidBerkalaASRI, BDMN, ELSA, INTP, KINO, MAIN, MDKA, SIDO, WEGEBNLI, WOOD, INDY, LPKR, SILO, SIMP, TOWR
High Dividend 20Minor--
PEFINDO25BerkalaERAA, HKMU, ISSP, MSIN, PPRE, SMBRASSA, BEST, BULL, JTPE, MARI, WIIM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper