Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OPEC + Majukan Jadwal Pertemuan Pangkas Produksi, Harga Minyak Memanas

Pada perdagangan Selasa (2/6/2020) pukul 05.10 WIB, harga minyak WTI kontrak Juli 2020 naik 0,56 persen menjadi US$35,64 per barel. Adapun, minyak Brent kontrak Agustus 2020 meningkat 1,27 persen menuju US$38,32 per barel.
Markas OPEC di Wina, Austria/Reuters-Leonhard Foeger
Markas OPEC di Wina, Austria/Reuters-Leonhard Foeger

Bisnis.com, JAKARTA - OPEC dan sekutunya (OPEC +) akan membahas perpanjangan pemotongan produksi pada pertemuan yang akan diadakan lebih cepat dari yang rencana awal.

Pada perdagangan Selasa (2/6/2020) pukul 05.10 WIB, harga minyak WTI kontrak Juli 2020 naik 0,56 persen menjadi US$35,64 per barel. Adapun, minyak Brent kontrak Agustus 2020 meningkat 1,27 persen menuju US$38,32 per barel.

Satu delegasi menyebutkan perpanjangan pembatasan produksi akan berlangsung selama 1-3 bulan. Pertemuan virtual akan fokus membahas proposal Arab Saudi dan sekutu-sekutu OPEC.

"Saudi jelas mencari dukungan dari anggota lain untuk menjaga tingkat produksi lebih rendah lebih lama," kata Amrita Sen, kepala analis minyak di konsultan Energy Aspects Ltd., kepada klien dalam sebuah catatan, dikutip dari Bloomberg.

Setiap perubahan pada kesepakatan yang ada - dipukul pada bulan April karena permintaan energi dan harga runtuh karena pandemi corona virus - akan bergantung pada negosiasi antara Moskow dan Riyadh. Rusia telah mengindikasikan ingin memulai pelonggaran pemotongan bulan depan sesuai rencana, dan kedua negara juga berjanji untuk berkoordinasi erat.

Ketika ditanya tentang sikap Kremlin, juru bicara Presiden Rusia, Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan pada panggilan konferensi pada hari Senin "Jangan maju dulu."

Kemudian pada hari itu, pemerintah Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Presiden Vladimir Putin dan Donald Trump membahas kesepakatan OPEC + dan perannya dalam menstabilkan harga minyak.

Harga minyak telah reli karena pembatasan produksi bertepatan dengan rebound permintaan yang lebih kuat dari perkiraan. Namun, dengan berkurangnya lockdown  di seluruh dunia, kekhawatiran bahwa pandemi dapat memiliki gelombang kedua membuat prediksi pemulihan menjadi berbahaya.

Dengan perdagangan minyak mentah Brent di bawah US$39 per barel pada hari Senin, harga berada di bawah apa yang sebagian besar produsen di Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) perlu menutupi pengeluaran pemerintah yang direncanakan.

Karena situasi di pasar minyak berubah dengan cepat, preferensi adalah untuk mengambil langkah-langkah jangka pendek dan tidak mengganggu proses membawa pasokan dan permintaan kembali ke keseimbangan, kata seorang delegasi.

Untuk memastikan OPEC + menanggapi dengan cepat perkembangan, pertemuan baik seluruh kelompok atau komite menteri yang mengawasi kesepakatannya dapat terjadi setiap bulan, kata delegasi lain.

Tanggal pertemuan sebelumnya akan memberi kartel minyak lebih banyak fleksibilitas untuk mengubah batas produksi saat ini. Anggota OPEC biasanya memutuskan rencana pengiriman minyak ke pelanggan untuk Juli di minggu pertama Juni, sehingga pertemuan sebelumnya akan memberi mereka lebih banyak waktu untuk bereaksi.

Menteri Energi Aljazair Mohamed Arkab, yang memegang jabatan Presiden OPEC secara bergilir, mengedarkan pada hari Sabtu proposal untuk 4 Juni, bukan 9-10 Juni.

Koalisi 23 negara OPEC dan sekutunya berkomitmen untuk menurunkan produksi sebesar 9,7 juta barel per hari, atau sekitar 10% dari pasokan global, pada bulan Mei dan Juni.

Selain itu, Arab Saudi, Kuwait dan Uni Emirat Arab melakukan pemotongan sukarela lebih lanjut sekitar 1,2 juta barel per hari untuk Juni, menjadikan total pembatasan OPEC + menjadi hampir 11 juta barel per hari.

Pemotongan itu dimaksudkan untuk dikurangi menjadi sekitar 7,7 juta barel per hari pada bulan Juli, diikuti oleh pengurangan tambahan pada awal 2021. Nigeria dan perusahaan minyak negara Abu Dhabi, ibukota Uni Emirat Arab, telah mengumumkan rencana untuk meningkatkan ekspor bulan depan.

Jika keputusan untuk memindahkan pertemuan dikonfirmasi, itu juga berarti menggeser pertemuan komite yang biasanya berlangsung sebelum konferensi menteri ke akhir bulan ini.

OPEC sebelumnya menjadwalkan pertemuan Komite Teknis Bersama untuk menilai implementasi pemotongan pasokan saat ini yang dijadwalkan pada 5 Juni, dan Komite Pemantauan Bersama Menteri pada 8 Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Sumber : bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper