PTPP & PGAS Kerja Sama Bangun Gedung Perkantoran

PT PP (Persero) Tbk. (PTPP) akan bersinergi dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS) akan bekerja sama untuk pengembangan gedung perkantoran dengan tinggi 16 lantai di Jakarta Pusat yang diproyeksikan mulai digarap pada kuartal III/2019.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 20 Februari 2019  |  17:18 WIB
PTPP & PGAS Kerja Sama Bangun Gedung Perkantoran
Pekerja mengerjakan proyek pembangunan hunian bertingkat PT PP (Persero) Tbk. di Jakarta, Senin (29/5). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA— PT PP (Persero) Tbk. akan bersinergi dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk. untuk pengembangan gedung perkantoran dengan tinggi 16 lantai di Jakarta Pusat yang diproyeksikan mulai digarap pada kuartal III/2019.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan PP M. Aprindy mengatakan perseroan akan bersinergi untuk mengoptimalkan aset lahan yang dimiliki oleh Perusahaan Gas Negara (PGN). Hal itu sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman yang diteken oleh kedua belah pihak baru-baru ini.

Aprindy mengungkapkan, terdapat beberapa lahan PGN yang akan dikembangkan secara bersama. Salah satunya lahan yang berlokasi di Jakarta Pusat.

Rencananya, emiten berkode saham PTPP dan PGAS itu akan mengembangkan gedung perkantoran setinggi 16 lantai. Keduanya akan membentuk special purpose vehicle (SPV) untuk menggarap proyek tersebut.

“Setelah penandatanganan nota kesepahaman kemarin, kami lakukan kajian terlebih dahulu. Diharapkan proses konstruksi bisa dimulai pada kuartal III/2019,” ujarnya kepada Bisnis.com, Rabu (20/2/2019).

Dia menjelaskan bahwa kerja sama tersebut merupakan bentuk sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tujuan utama dari sinergi tersebut yakn optimalisasi aset yang dimiliki oleh perseroan pelat merah.

Saat ini, Aprindy belum membeberkan lebih lanjut berapa nilai investasi yang dibutuhkan untuk proyek tersebut. Pasalnya, perlu dilakukan kajian kelayakan proyek dari sisi hukum, ekonomi, maupun teknis.

“Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman, PTPP dan PGAS akan membentuk tim kerja yang nantinya bersama-sama akan menganalisa kelayakan proyek dari sisi hukum, ekonomi maupun teknis,”  imbuhnya.

Berdasarkan keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia, PTPP melaporkan bahwa nota kesepahaman yang diteken merupakan acuan antara perseroan dengan Perusahaan Gas Negara (PGN) untuk melaksanakan kemitraan strategis. Keduanya akan merencanakan kerja sama pengembangan usaha dan optimalisasi lahan milik PGN di di Jakarta.

Adapun, penandatangan tersebut telah dilakukan di Kantor Pusat PGN, Selasa (19/2/2019).

Berdasarkan catatan Bisnis.com, PT Sarinah (Persero) juga menggandeng PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. dan PTPP untuk kerja sama pembangunan dan pengembangan komplek komersial dengan nilai proyek Rp1,8 triliun. Kolaborasi tersebut akan menggarap gedung di lahan seluas 1,7 hektar dengan total 41 lantai.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
PGN, ptpp, kinerja emiten

Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top