Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bursa Pencalonan Direksi BEI: Reynaldi Hermansjah Mundur, Ini Alasannya

Bursa Pencalonan Direksi BEI: Merger Paket, Reynaldi Hermansjah Mundur
Bursa Efek Indonesia/Bisnis.com
Bursa Efek Indonesia/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA- Paket Samsul Hidayat dan Abiprayadi Riyanto siap mendaftarkan diri ke Otoritas Jasa Keuangan di hari batas terakhir pendaftaran calon paket direksi PT Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Sementara, Reynaldi Hermansjah memilih mundur dari bursa pencalonan lantaran memilih merger dengan paket Ronald T. Andi Kasim

Reynaldi Hermansjah yang saat ini menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Jasa Marga Tbk. (JSMR) menyatakan mundur dari bursa pencalonan. Paketnya memilih melakukan merger dengan paket Ronald T. Andi Kasim. Merger dilakukan karena persentase suara untuk keduanya rendah.

“Mempertimbangkan kondisi terakhir dan juga saya ingin pasar modal mendapatkan calon terbaik dari banyak calon, saya memutuskan mundur, dan melakukan merger tim saya dengan tim Ronald, untuk kepentingan yang lebih besar,” kata Reynaldi saat dihubungi Bisnis, Rabu (29/4).

Dalam kesepakatan antar kedua paket tersebut, maka diputuskan bahwa Ronald T. Andi Kasim tetap mencalonkan diri sebagai Direktur Utama. “Jadi empat orang dari tim saya masuk ke paket Pak Ronald, mereka adalah Bambang Widodo, Kristian M., Ignatius Girendroheru, dan Fivi Firgantria,” lanjut Reynaldi.

Dengan demikian, selain Reynaldi, ada I Gusti Ngurah Budi Sanjaya dan Grace N. Wiragesang yang akhirnya tidak maju. “Mudah-mudahan dengan sinergi ini bisa lebih baik dan cukup mendapatkan suara,” jelasnya.

Ketika dikonfirmasi, Ronald T. Andi Kasim yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama Pefindo membenarkannya. “Iya benar (merger dan tim Reynaldi masuk empat orang). Kompensasinya posisi Dirut tetap saya,” ungkapnya kepada Bisnis, Rabu (29/4).

Sebelumnya, paket Ronald terdiri dari Justitia Tripurwasari (Direktur Manulife Asset Management), John Tambunan (Direktur Citigroup Securities Indonesia), Rudy Utomo (PT Evergreen Capital), Mas Mokhamad Soedarmaji (Group Head of IT DBS Vickers Securities), Zaky Mubarak (Bosowa Securities), dan Johanes Abimanyu (Direktur Keuangan dan SDM Pefindo).

Dengan adanya merger ini, selain dirinya, maka ada dua calon lagi yang masuk dalam bursa pencalonan. “Ditambah John Tambunan dan Rudy Utomo.”

Terkait pendaftaran ke OJK, Ronald optimistis masih bisa mendapatkan suara penuh “Kami berjuang terus,” tambahnya.

Melihat kondisi terakhir, artinya ada sekitar empat calon paket direksi BEI yang berminat maju. Keempat paket tersebut a.l Samsul Hidayat, Abiprayadi Riyanto, Tito Sulistio, dan Ronald T. Andi Kasim.

Seperti diketahui, untuk memuluskan langkah masuk ke daftar Otoritas Jasa Keuangan, tiap paket harus memenuhi tiga syarat. Pertama, calon paket harus mengantongi suara dari 10 anggota bursa. Kedua, nilai transaksinya bila diakumulasi harus mencapai 10% dari nilai transaksi perdagangan bursa year on year (April-Maret). Ketiga, frekuensi transaksinya juga harus mencapai 10% dari frekuensi transaksi perdagangan bursa year on year (April-Maret).

Setelah pendaftaran ditutup hari ini, selanjutnya pada 1 Mei-3 Juni 2015 dijadwalkan penyelenggaraan fit and proper test untuk seluruh calon direksi. Kemudian, pada 18 Juni dijadwalkan OJK sebagai tanggal pemberitahua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper