Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HP Analytics: Bursa Asia Melemah, IHSG Bergerak di Level 4.141-4.292

Henan Putihrai Analytics memprediksikan indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Selasa (7/1/2014) bergerak di kisaran 4.141-4.292.

Bisnis.com, JAKARTA – Henan Putihrai Analytics memprediksikan indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Selasa (7/1/2014) bergerak di kisaran 4.141-4.292.

Bursa Asia (Nikkei –0,50%, Hangseng —0,58%).

Mayoritas indeks bursa saham di Asia ditutup melemah. Pelemahan bursa Jepang dipicu oleh penguatan nilai tukar Yen Jepang terhadap dolar AS yang memukul perusahaan manufaktur negara tersebut.

Bursa Shanghai melemah setelah banyak perusahaan yang melakukan IPO menghadirkan kekhawatiran di pasar.

PMI sektor jasa versi HSBC di China dilaporkan mengalami penurunan ke level 50,9 pada bulan Desember dari bulan sebelumnya 52,5. Pelemahan pada bursa Jepang masih berlanjut pagi ini, mengiringi berlanjutnya pelemahan nilai tukar dolar AS terhadap Yen Jepang.

Bursa AS (DJIA –0,27%, S&P500 –0,25%, Nasdaq –0,44%)

Indeks bursa saham acuan Wall Street ditutup melemah pada pembukaan perdagangan pekan ini, dengan S&P 500 mengalami penurunan untuk tiga sesi berturut-turut. Penurunan ini dipicu oleh data sektor jasa Amerika yang dilaporkan berada dibawah estimasi pasar.

Institute Supply Management menyebutkan bahwa ISM sektor jasa untuk bulan Desember berada pada level 53 dari 53,9 untuk November, kendati masih berada pada fase ekspansi, tetapi angka tersebut berada dibawah estimasi pasar pada level 55.

Dalam laporan terpisah, disebutkan bahwa jumlah pesanan barang produksi di Amerika mengalami kenaikan sebesar 1,8% dibulan November, berada diatas estimasi sebesar 1,6%.

Bursa Eropa (Stoxx 600 –0,20%, DAX –0,08%, CAC 40 –0,47%)

Indeks bursa saham Eropa juga ditutup melemah pada perdagangan Senin, kendati data ekonomi yang dilaporkan menunjukan adanya akselerasi pertumbuhan pada ekonomi Spanyol, setelah sektor jasa negara tersebut berhasil mencatatkan ekspansi tertingginya sejak medio 2007. Namun, perlambatan data PMI Perancis mendorong bursa Eropa ditutup melemah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nurbaiti
Editor : Nurbaiti
Sumber : HP Analytics
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper