Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PRIVATE PLACEMENT: Prima Alloy Terbitkan 116,42 Juta Saham Ke Venice Enterprises

BISNIS.COM, JAKARTA—Emiten baja, PT Prima Alloy Steel Universal Tbk, berencana menerbitkan sebanyak 116,42 juta saham tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau private placement.
Gita Arwana Cakti
Gita Arwana Cakti - Bisnis.com 13 Juni 2013  |  15:15 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA—Emiten baja, PT Prima Alloy Steel Universal Tbk, berencana menerbitkan sebanyak 116,42 juta saham tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau private placement.

Manajemen Prima Alloy mengatakan jumlah tersebut merupakan 19,8% dari total saham yang telah ditempatkan dan disetor perseroan saat ini sebanyak 588 juta saham.

“Hal itu dilakukan dalam rangka penambahan modal untuk memfasilitasi dilakukannya konversi pinjaman dari kreditur menjadi modal saham dan menghindari resiko gagal bayar,” ungkapnya dalam prospektus yang diterbitkan hari ini, Kamis (13/6/2013).

Saham baru itu, lanjut dia, akan diterbitkan kepada Venice Enterprises Holding Limited. Hal itu dilakukan untuk melunasi pinjaman sebesar US$4 juta.

Sebenarnya, pinjaman tersebut jatuh tempo pada 31 Desember 2013, tetapi perseroan telah melakukan pertemuan dengan Venice untuk memperpanjang hingga 31 Desember 2014.

“Sebagai alternatif penyelesaian pinjaman adalah penghapusan kewajiban perseroan kepad Venice dengan debt to equity swap,” paparnya.

Berdasarkan data perseroan, setelah dilakukannya penambahan modal tanpa HMETD Venice akan menguasai 16,53% saham perseroan. Sisanya, sebanyak 40,78% akan beredar di publik, 37,76% dimiliki PT Enmaru Internasional, dan 4,93% oleh Ratnawati Sasongko.

Sementara itu, komposisi kepemilikan saham perseroan saat ini adalah 48,85% beredar di publik, 45,24% dimiliki PT Enmaru Internasional, dan 5,91% oleh Ratnawati Sasongko.

Perseroan juga menyebutkan harga saham baru itu ditetapkan pada level Rp335 per saham. Adapun pada sore ini, harga saham emiten berkode PRAS melemah 3,28% ke level Rp295.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

private placement prima alloy steel universal venice enterprises holding limited. prima alloy

Sumber : Bisnis Indonesia

Editor : Bambang Supriyanto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top