Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos PGN (PGAS) Ungkap Faktor Pendorong Kenaikan Laba Bersih Semester I/2024

PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS) atau PGN membukukan laba bersih US$186,6 juta untuk periode Semester I/2024.
pgn, pgas
pgn, pgas

Bisnis.com, JAKARTA — PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS) atau PGN membukukan laba bersih tahun berjalan yang diatribusikan ke entitas induk US$186,6 juta untuk periode semester I/2024. 

Nilai tersebut lebih tinggi 28,4% dibandingkan laba bersih PGAS pada semester I/2023 senilai US$145,32 juta. Sepanjang Januari-Juni 2024, PGAS mengantongi pendapatan konsolidasi sebesar US$1,84 miliar, laba operasi sebesar US$293,2 Juta, dan EBITDA sebesar US$578,1 juta.

Direktur Utama PGN Arief S. Handoko mengatakan capaian tersebut merupakan upaya perseroan untuk memberikan nilai terbaik bagi pemegang saham sembari tetap menyediakan pasokan gas yang stabil bagi pelanggan. 

“Pencapaian ini merupakan realisasi upaya kami untuk secara berimbang menyediakan layanan gas bumi bagi pelanggan serta memberikan value yang terbaik bagi pemegang saham dan para pemangku kepentingan terkait,” kata Arief lewat keterangan resmi, Selasa (27/8/2024). 

Adapun, realisasi peningkatan pendapatan semester I/2024 terutama disebabkan segmen pendapatan baru yaitu LNG Trading sebesar US$93,7 juta. 

Selain itu kinerja pendorong lainnya adalah kenaikan pendapatan transmisi gas sebesar US$14,4 juta, dan transmisi Minyak US$0,9 juta. Secara kinerja operasi, penyaluran volume niaga gas bumi tercatat 841 BBTUD dan transmisi 1.479 MMSCFD. 

Kemudian untuk kinerja dari beberapa anak perusahaan atau afiliasi yang turut berkontribusi di antaranya adalah lifting migas sebesar 3,9 MMBOE, proses LPG 19.000 ton, dan transmisi minyak bumi 27,4 MMBOE. 

Pada bisnis di bidang LNG pencapaiannya adalah volume penyaluran Terminal Usage Agreement (TUA) 65 BBTUD, regasifikasi 133 BBTUD dan LNG trading 50 BBTUD. Khusus untuk LNG trading merupakan pencapaian baru yang mulai berjalan sejak tahun inihttps://www.bisnis.com/topic/1470/lng.

Dalam kondisi yang cukup menantang di periode ini, penyediaan pasokan, trading gas LNG, pelunasan obligasi dan restrukturisasi pinjaman dengan suku bunga yang lebih kompetitif menjadi pendekatan dan jawaban atas dinamika bisnis yang sedang berjalan. 

Pada semester I/2024, PGN mengoptimalkan pemanfaatan gas domestik melalui penyaluran 1 kargo LNG dari Tangguh atau sekitar 3.000 BBTU.

Untuk jumlah pelanggan yang dilayani PGN jumlah yang tercatat pada akhir semester I/2024 adalah sebanyak 3.154 sektor industri dan komersial, 2.017 pelanggan kecil, dan 816.063 pelanggan rumah tangga yang tersebar di seluruh wilayah operasi PGN.

“Dengan posisi kunci sebagai salah satu aggregator gas bumi di Indonesia, harapan kami adalah dapat mengisi masa transisi ini melalui penyediaan gas bumi sebagai energi bersih kepada masyarakat,” kata Arief.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper