Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Lajutkan Fase Bullish, Cek Saham ARTO-BIRD Hari Ini

IHSG hari ini diprediksi bakal melanjutkan fase bullish usai menyentuh level all time high pada perdagangan kemarin.
Pekerja melintasi papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (1/2/2021). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pekerja melintasi papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (1/2/2021). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang melanjutkan fase bullish pada perdagangan hari ini, Selasa (20/8/2024). Sejumlah analis menyebut IHSG bakal menguat di level 7.500 hingga 7.654.

Sebelumnya, IHSG ditutup menguat ke level 7.466,83 atau 0,47% pada perdagangan awal pekan, Senin (19/8/2024) atau menyentuh level all time high. Saham big caps seperti BREN, AMMN, hingga ASII naik ke zona hijau pada perdagangan hari ini. 

Berdasarkan data Bloomberg, pukul 16.00 WIB, IHSG berada pada posisi 7.466 atau naik 0,47%. Sepanjang perdagangan hari ini, IHSG bergerak pada rentang 7.420-7.466. 

Level all time high (ATH) IHSG sebelumnya tersentuh pada penutupan perdagangan Rabu (14/8/2024) dengan menguat 79,4 poin atau 1,08% ke level 7.436,039. Posisi itu melampaui rekor sebelumnya yang terjadi pada 14 Maret 2024 di posisi 7.433,315.

Tercatat, 318 saham menguat, 276 saham melemah, dan 207 saham bergerak di tempat. Kapitalisasi pasar terpantau naik ke posisi Rp12.691 triliun.

Adapun, Tim Analis MNC Sekuritas memprediksi IHSG hari ini menguat 0,47% ke 7.466 dan masih didominasi oleh volume pembelian.

Pada label hitam, adanya kemungkinan IHSG sedang membentuk akhir wave [b] dari wave 2 pada pola running flat, selanjutnya, IHSG akan terkoreksi ke rentang area 7.059-7.232.

"Pada label merah, apabila IHSG mampu break 7.488, maka IHSG akan menuju ke 7.513-7.654," tulisnya dalam riset, Selasa (20/8/2024).

MNC Sekuritas memberikan rekomendasi agar investor mempertimbangkan opsi buy on weakness untuk saham PT Bank Jago Tbk. (ARTO), PT Blue Bird Tbk. (BIRD), PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA), serta speculative buy untuk saham PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk.

Sementara itu, analis dari RHB Sekuritas Indonesia, Muhammad Wafi berpendapat IHSG terlihat kembali melakukan rebound dengan Higher High (HH) level, tetapi volume rendah.

Meski berpeluang untuk kembali melakukan koreksi, tetapi selama di atas garis MA5, maka berpeluang untuk kembali rebound dan melanjutkan fase bullish-nya.

Namun, lanjutnya, jika breakdown support garis MA5 maka berpeluang untuk menguji support garis MA20 untuk kembali melanjutkan fase sideways-nya.

"Range pergerakan IHSG saat ini berada di kisaran 7.300 hingga 7.500," ujarnya.

RHB Sekuritas Indonesia menyarankan investor untuk mencermati saham PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA), PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN), dan PT Blue Bird Tbk. (BIRD) pada perdagangan hari ini.

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper