Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asing Jual Saham BREN, BBNI, hingga BBRI saat IHSG Melemah dalam Sepekan

Investor asing melego saham-saham seperti BREN, BBNI, hingga BBRI selama sepekan saat IHSG melemah.
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA -- Beberapa saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) menjadi sasaran jual investor asing selama sepekan, di tengah pelemahan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Investor asing tercatat menjual saham-saham seperti BREN, BBNI, hingga BBRI.

Berdasarkan data RTI Infokom, investor asing melakukan transaksi pembelian bersih saham senilai Rp1,9 triliun selama sepekan. Sementara itu, secara year to date, asing masih mencatatkan net sell sebesar Rp2,85 triliun di seluruh pasar.

Saham bank PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN) menjadi saham yang paling banyak dijual asing dengan nilai net sell sebesar Rp322,5 miliar. Broker JP Morgan Sekuritas dengan kode BK menjadi broker yang paling banyak melepas saham BREN dengan volume 23,6 juta saham.

Saham lain yang menjadi sasaran jual investor asing adalah saham PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI). Saham BBNI dijual asing dengan nilai Rp293,3 miliar sepekan.

Broker Macquarie Sekuritas Indonesia dengan kode RX menjadi broker yang paling banyak melepas saham BBNI, yaitu sebesar 52,4 juta saham selama sepekan.

Selain BREN dan BBNI, investor asing juga menjual saham-saham seperti BBRI dengan penjualan sebesar Rp172,8 miliar, GOTO dengan penjualan Rp74,5 miliar, dan saham ASII dengan nilai penjualan sebesar Rp74,2 miliar dalam sepekan. 

Saham lain yang juga dilego asing selama sepekan adalah INCO dengan nilai penjualan sebesar Rp71,3 miliar, saham TOWR dengan nilai jual Rp70,5 miliar, dan ACES dengan penjualan Rp33,2 miliar. 

Selain itu, saham MDKA dan INKP juga menjadi sasaran jual asing dengan masing-masing penjualan sebesar Rp31,1 miliar dan Rp20,4 miliar.

Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Kautsar Primadi Nurahmad menuturkan IHSG selama sepekan ditutup mengalami pelemahan 0,45% pada posisi 7.294,49 dari 7.327,58 pada pekan sebelumnya.

Penurunan juga terjadi pada kapitalisasi pasar Bursa sebesar 0,96% menjadi Rp12.358 triliun dari Rp12.478 triliun pada pekan sebelumnya.

"Perubahan juga turut terjadi pada rata-rata volume transaksi harian sepekan sebesar 5,30% menjadi 16.488 miliar saham dari 17,411 miliar saham pada penutupan pekan sebelumnya," katanya, Sabtu (20/7/2024).

Rata-rata nilai transaksi harian Bursa pekan ini mengalami penurunan sebesar 8,23% menjadi Rp9,6 triliun dari Rp10,46 triliun pada penutupan pekan lalu.

Adapun investor asing pada Jumat (19/7/2024) mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp86,17 miliar dan sepanjang 2024 investor asing mencatatkan jual bersih sebesar Rp2,78 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper