Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Multi Hanna (MHKI) Segera Bagi Dividen dan Bangun Pabrik Batu Bata

PT Multi Hanna Kreasindo Tbk. (MHKI) bakal membagikan dividen tunai 10% dari total laba bersih yang akan digunakan.
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — PT Multi Hanna Kreasindo Tbk. (MHKI) bakal membagikan dividen tunai 10% dari total laba bersih yang akan digunakan.

Direktur Utama Multi Hanna Kreasindo  Shahabuddin mengatakan pada tahun buku 2023 membukukan laba sebesar Rp28,70 miliar atau melebihi target sebesar 23,16%. Peningkatan laba bersih itu berasal dari pertumbuhan pendapatan sebesar 12,21%, menjadi Rp148,24 miliar.

"Pencapaian ini mencerminkan efektivitas strategi kami dan komitmen terhadap pertumbuhan berkelanjutan. Kami terus berkomitmen untuk memberikan kinerja terbaik dan tidak berpuas diri sampai di sini," ujar Shahabuddin dalam keterangan resmi, Sabtu (29/6/2024).

Oleh sebab itu, pemegang saham dan manajemen sepakat melakukan pembayaran dividen tunai sebesar 10% untuk tahun buku 2023. Kedua belah pihak juga menyetujui penggunaan laba bersih untuk tahun buku 2023 sebanyak
Rp5,74 miliar atau 20% dari laba bersih sebagai dana cadangan.

Sisa laba bersih akan dibukukan sebagai laba ditahan dan digunakan untuk modal kerja.

Selain itu, dalam RUPST juga terdapat persetujuan perubahan penggunaan dana hasil penawaran umum untuk pembelian capex di head office menjadi proyek unit baru pengolahan bata merah.

Shahabuddin mengatakan lokasi pabrik di Lamongan memberikan peluang lebih besar untuk dapat menyasar pasar lokal khususnya wilayah Indonesia Timur. Ke depannya Shahabuddin mengungkapkan MHKI juga berusaha akan menekan biaya pengelolaan limbah.

“Caranya, kami akan pangkas dari biaya transportasi dengan memperluas jangkauan, kami akan hadir ke daerah-daerah yang memang potensial,” ucapnya.

Pada 2024 MHKI optimistis untuk tumbuh sampai sekitar 15 persenan sampai 20 persen untuk tumbuh dari revenuenya.

Sementara itu, Direktur Alwi mengungkapkan bahwa pembangunan pabrik di Lamongan, Jawa Timur, ditargetkan mulai beroperasi pada kuartal pertama tahun 2025. "Kami terus melakukan inovasi dalam pelayanan dan produk, serta aktif mencari investor luar yang memiliki visi sama dengan perusahaan," tambahnya.

Saat ini, PT Multi Hanna Kreasindo Tbk memiliki kantor perwakilan di tiga wilayah, yaitu Semarang (Jawa Tengah), Sidoarjo (Jawa Timur), dan Tangerang (Banten). Perusahaan juga tengah mempersiapkan ekspansi di Kalimantan Timur.

Total aset dan ekuitas perusahaan masing-masing mengalami peningkatan signifikan sebesar 89,87% menjadi Rp323,14 miliar dan 102,75% menjadi Rp307,95 miliar pada tahun 2023.

(Joyceline Munthe)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper