Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wall Street Merosot, Sinyal Suku Bunga Tinggi The Fed Masih Lama

Wall Street tertekan setelah laporan pekerjaan yang dianggap penting bagi ekspektasi penurunan suku bunga The Fed menunjukkan pertumbuhan perekrutan.
Karyawan berada di Bursa Efek New York (NYSE) di New York, AS, Senin (27/6/2022). Bloomberg/Michael Nagle
Karyawan berada di Bursa Efek New York (NYSE) di New York, AS, Senin (27/6/2022). Bloomberg/Michael Nagle

Bisnis.com, JAKARTA - Wall Street ditutup melemah pada akhir pekan setelah rilis data tenaga kerja Amerika Serikat (AS) yang menyiratkan Federal Reserve akan mempertahankan suku bunga tinggi lebih lama.

Saham-saham AS terhuyung-huyung pada Jumat (7/6/2024), setelah laporan pekerjaan yang dianggap penting bagi ekspektasi penurunan suku bunga The Fed menunjukkan pertumbuhan perekrutan yang jauh lebih kuat dari perkiraan.

S&P 500 turun 0,11% ke 5.346,99, sedangkan Dow Jones Industrial Average melemah 0,22% ke 38.798,99, keluar dari sesi Kamis yang lesu untuk tiga indeks utama. Nasdaq Composite yang sarat saham teknologi turun 0,23% menjadi 17.133,13.

Investor telah mengangkat saham-saham dengan harapan bahwa data lebih lanjut akan mengungkapkan lebih banyak bukti adanya perlambatan ekonomi.

Namun laporan Departemen Tenaga Kerja memberikan sinyal lain bahwa kondisi perekonomian terlalu panas bagi bank sentral untuk melawan inflasi, sehingga memperkuat narasi untuk mempertahankan suku bunga lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Laporan ketenagakerjaan bulan Mei yang sangat dinanti memperkuat gagasan bahwa penurunan suku bunga dari tingkat tertinggi dalam dua dekade kemungkinan tidak akan terjadi hingga musim gugur.

Perekonomian AS menambahkan 272.000 lapangan kerja pada bulan Mei, melampaui ekspektasi. Namun, tingkat pengangguran justru meningkat menjadi 4,0%.

Di pasar lain, booster GameStop (GME), Keith Gill, alias "Roaring Kitty", menyiarkan langsung pemikiran terbarunya tentang pengecer video game tersebut, dengan mengatakan bahwa dia percaya pada kepemimpinan perusahaan.

Gill menegaskan bahwa posisinya di GameStop adalah miliknya dan dia tidak bekerja dengan investor institusi. Acara ini menandai penampilan langsung pertamanya di YouTube sejak ia membantu memicu reli stok meme tiga tahun lalu.

Namun, kejadian ini tidak cukup untuk mengarahkan saham ke arah positif. Saham GameStop ditutup turun hampir 40%.

Penyelesaian pemecahan saham 10-untuk-1 Nvidia (NVDA) diharapkan setelah pasar tutup. Reli yang terjadi pada pertengahan minggu secara singkat membuat pembuat chip AI tersebut mencapai valuasi US$3 triliun. Namun, sahamnya melemah karena taruhan jangka pendek terhadap perusahaan tersebut semakin meningkat.

Investor akan mencermati hasil pertemuan kebijakan The Fed pekan depan. Meskipun pasar memperkirakan tidak ada pengumuman perubahan suku bunga setelah pertemuan bulan Juni, rilis “dot plot” akan menunjukkan berapa banyak penurunan suku bunga yang diprediksi oleh para bankir sentral dalam beberapa bulan dan tahun mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Sumber : Yahoo Finance, Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper