Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selamat Sempurna (SMSM) Peluang Cuan Lebaran 2024, Proyeksi Laba Moncer

PT Selamat Sempurna Tbk. (SMSM) berpeluang meraup cuan jelang mudik Lebaran 2024 atau Hari Raya Idulfitri 1445 H. Laba bersih diprediksi moncer.
PT Selamat Sempurna Tbk. (SMSM) berpeluang meraup cuan jelang mudik Lebaran 2024 atau Hari Raya Idulfitri 1445 H. Laba bersih diprediksi moncer. Bisnis/Suselo Jati
PT Selamat Sempurna Tbk. (SMSM) berpeluang meraup cuan jelang mudik Lebaran 2024 atau Hari Raya Idulfitri 1445 H. Laba bersih diprediksi moncer. Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten komponen otomotif, PT Selamat Sempurna Tbk. (SMSM) berpeluang meraup cuan jelang mudik Lebaran 2024 atau Hari Raya Idulfitri 1445 H. Pasalnya, permintaan komponen otomotif diprediksi meningkat karena banyaknya masyarakat yang mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Chief Financial Officer SMSM Ang Andri Pribadi mengatakan, momentum mudik Lebaran pada umumnya digunakan untuk pemudik melakukan servis mobil, terutama di bengkel-bengkel resmi.

Oleh sebab itu, menurutnya diperkirakan jelang mudik Lebaran akan terjadi kenaikan penjualan komponen di segmen OES [original equipment supplies] atau penjualan ke bengkel resmi sekitar 10%.

"Secara umum, peningkatan permintaan terkait momentum Lebaran biasanya terjadi di segmen OES, sementara untuk level retailer atau distributor, biasanya cenderung menurun, karena mereka tidak mau stock," ujar Andri kepada Bisnis dikutip Selasa (26/3/2024).

Lebih lanjut dia mengatakan, SMSM tidak menyiapkan strategi yang khusus untuk meningkatkan penjualan di momen jelang Lebaran tahun ini. Namun, untuk strategi sepanjang 2024, SMSM akan mendistribusikan produk-produk baru, melakukan strategi campaign untuk momen-momen tertentu dan juga mengadakan gathering bersama para pelanggan.

Alhasil, seiring dengan strategi tersebut, Andri mengatakan perseroan akan menorehkan kinerja moncer pada 2024 dengan menargetkan kenaikan laba bersih dan penjualan.

"Secara konservatif, SMSM memproyeksikan peningkatan penjualan dan laba bersih pada tahun 2024 sebesar masing-masing 8% dan 10%," ujarnya.

Menilik kinerja keuangan terakhirnya, SMSM meraih laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp694,83 miliar hingga 30 September 2023, atau naik 8,72% secara year-on-year (yoy) dibandingkan periode sama 2022 sebesar Rp639,07 miliar.

Kenaikan laba perseroan didorong meningkatnya penjualan neto 3,13% yoy menjadi Rp3,76 triliun, dibandingkan kuartal III/2022 sebesar Rp3,64 triliun. Adapun, Selamat Sempurna memproduksi berbagai komponen otomotif meliputi filter Sakura, radiator ADR, hingga karoseri.

Adapun, untuk mendorong berbagai rencana bisnis pada tahun ini, SMSM menyiapkan anggaran belanja modal (capital expenditure/capex) sekitar Rp150 miliar di 2024.

"Peruntukannya lebih ke maintenance capex, seperti untuk line-balancing, pembelian mould [cetakan], peremajaan mesin sampai dengan otomatisasi," pungkas Andri.

Mengacu data RTI Business pada Selasa (26/3/2024) pukul 14.40 WIB, saham SMSM naik 2,72% ke level Rp1.890 per saham. Namun, secara year-to-date (ytd) saham SMSM turun 5,26%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper