Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nilai Aset Bitcoin Sentuh Rp1 Miliar, Investor Diminta Tetap Waspada

Upbit meminta masyarakat tetap waspada terhadap volatilitas yang merupakan ciri khas dari pasar kripto di tengah harga bitcoin yang naik hingga Rp1 miliar.
Warga beraktivitas di dekat logo mata uang kripto di Depok, Jawa Barat, Rabu (4/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Warga beraktivitas di dekat logo mata uang kripto di Depok, Jawa Barat, Rabu (4/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Investor diminta tetap melakukan riset dengan teliti, memantau pasar secara berkala terhadap volatilitas pasar kripto yang dengan Bitcoin yang menyentuh di atas Rp1 miliar.

Adapun memasuki kuartal I/2024, pasar kripto dikejutkan dengan Bitcoin yang menembus lebih dari Rp1 miliar atau setara dengan US$69,202 dalam sepekan terakhir yang menjadi capaian harga tertinggi dalam sejarah yang sebelumnya rekor tertinggi adalah US$68,999 terjadi pada November 2021. 

Bahkan, kenaikan sempat diprediksi oleh coingecko tembus di angka US$42,500 atau setara dengan Rp665 juta pada 2024. Namun, kini kenaikan angka tersebut melampaui prediksi harga menjelang Halving 2024 April mendatang.

Chief Operation Officer Upbit Indonesia Resna Raniadi menilai fenomena kenaikan Bitcoin yang sudah melebihi Rp1 miliar adalah pencapaian baru bagi seluruh ekosistem kripto. Ini menunjukkan kepercayaan yang semakin meningkat dari berbagai pihak terhadap peran Bitcoin dalam transformasi keuangan global.

Namun demikian, Upbit juga menekankan pentingnya untuk tetap waspada terhadap volatilitas yang merupakan ciri khas dari pasar kripto. 

“Kami menyarankan kepada para investor untuk melakukan riset dengan teliti, memantau pasar secara berkala, dan memahami risiko yang terkait dengan investasi dalam aset digital,” ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (9/3/2024).

Upbit menjelaskan bahwa faktor kunci momentum bullish tersebut adalah proses halving yang dijadwalkan akan terjadi pada April 2024, peluncuran BlackRock Bitcoin ETF pada Januari sebelumnya, serta didukung oleh sentimen positif pasca peluncuran Bitcoin tersebut. 

Tak hanya itu, Upbit pun menyebutkan investor juga masih memperhatikan keputusan Ketua The Fed yang akan terjadi pada 6 - 7 Maret 2024 mengenai potensi kenaikan suku bunga.

Keputusan tersebut berpotensi mempengaruhi sentimen pasar di tengah meningkatnya kekhawatiran terhadap inflasi dan potensi penyesuaian suku bunga.

Dalam pandangan Upbit, kenaikan Bitcoin tersebut menunjukkan adanya kepercayaan yang semakin meningkat yang kebanyakan berasal dari perusahaan besar maupun kecil terhadap potensi jangka panjang mata uang digital ini. 

Dapat diartikan, institusi sudah mulai membuka diri terhadap aset digital. Hal tersebut juga mencerminkan perubahan dalam paradigma keuangan global, dimana aset digital semakin diterima dan dianggap sebagai bagian integral dari portofolio investasi modern.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper