Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Strategi White Horse (WEHA) Siapkan Armada Jelang Mudik Lebaran 2024

White Horse (WEHA) tengah menyiapkan serangkaian strategi untuk memaksimalkan momentum mudik Lebaran 2024.
PT WEHA Transportasi Indonesia Tbk. (WEHA) atau White Horse Group tengah menyiapkan serangkaian strategi untuk memaksimalkan momentum mudik Lebaran 2024./WEHA
PT WEHA Transportasi Indonesia Tbk. (WEHA) atau White Horse Group tengah menyiapkan serangkaian strategi untuk memaksimalkan momentum mudik Lebaran 2024./WEHA

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten transportasi, PT WEHA Transportasi Indonesia Tbk. (WEHA) atau White Horse Group tengah merancang strategi dan menyiapkan armada untuk memaksimalkan momentum mudik Lebaran 2024 atau Hari Raya Idulfitri 1445 H.

Direktur Utama WEHA, Andrianto Putera Tirtawisata mengatakan, tren mobilitas masyarakat tahun ini terlihat akan meningkat lebih tinggi dibanding mudik Lebaran tahun 2023. Hal ini terlihat sudah mulai banyak permintaan untuk penggunaan armada bus dari korporasi saat mudik Lebaran 2024.

Tak hanya itu, lanjutnya, di lini intercity shuttle DayTrans juga saat ini sudah ada beberapa masyarakat yang menanyakan promo tiket mudik untuk rute-rute favorit.

"Untuk kenaikan permintaan mudik Lebaran tahun ini diperkirakan akan naik sebesar 20% dibanding tahun 2023. Kalau untuk kontribusi pendapatan diperkirakan sebesar 10% dibanding 2023," ujar Andrianto kepada Bisnis, dikutip Selasa (5/3/2024).

Oleh sebab itu, WEHA menyiapkan armada sekitar 400 unit yang terdiri dari bus besar, bus medium, hingga minivan untuk mengakomodir mobilitas masyarakat dan memaksimalkan peluang mudik Lebaran 2024.

Secara terperinci, jumlah armada WEHA meliputi lini bus charter White Horse sebanyak 230 unit yang terdiri dari varian big bus 47 dan 59 seat, medium bus 29,31, dan 35 seat serta minivan Hiace 14 seat.

Kemudian, dia mengatakan untuk lini antarkota (intercity) shuttle DayTrans menyiapkan 170 unit minivan dan untuk tambahan armada akan dibantu dari White Horse.

"Rute favorit yang memiliki potensi di mudik Lebaran tahun ini masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya seperi Jakarta ke Tegal, Cirebon, Jogja, Semarang, Solo, Malang atau Surabaya," pungkasnya.

Menilik kinerja keuangan terakhirnya, laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk WEHA tembus Rp22,36 miliar hingga 30 September 2023, atau naik 86,37% secara year-on-year (yoy) dibandingkan periode sama 2022 sebesar Rp11,99 miliar.

Kenaikan laba bersih perseroan didorong naiknya pendapatan 54,69% yoy menjadi Rp190,68 miliar, dibanding periode sama tahun sebelumnya sebesar Rp123,26 miliar.

Secara rinci berdasarkan segmen, pendapatan WEHA dari jasa angkutan antar-kota sebesar Rp104,38 miliar, diikuti jasa angkutan penumpang yang berkontribusi sebesar Rp94,38 miliar, dan pendapatan lain-lain sebesar Rp7,62 miliar. Pendapatan itu dikurangi biaya eliminasi sebesar Rp15,71 miliar.

Adapun untuk kinerja WEHA tahun buku 2023 belum dirilis, namun perseroan memproyeksikan pendapatan pada 2023 sebesar Rp260 miliar dan laba bersih sebesar Rp30 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper