Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rencana Reddit Go Public, Jadi IPO Sosmed Pertama Sejak 2019

Reddit mengincar peluang untuk melakukan initial public offering (IPO) setelah menandatangani kontrak yang memungkinkan perusahaan Artificial Intelligence (AI)
Logo aplikasi Reddit di smartphone/Reuters
Logo aplikasi Reddit di smartphone/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA  - Reddit tengah mengincar peluang untuk melakukan initial public offering (IPO) setelah menandatangani kontrak yang memungkinkan perusahaan Artificial Intelligence (AI) untuk melatih modelnya pada konten platform media social.

Mengutip dari Reuters, Manajemen Reddit sedang mengincar peluncuran penawaran umum perdana saham (IPO). Mereka juga telah menyampaikan niat itu kepada calon investor bahwa mereka menandatangani kesepakatan senilai US$60 juta setiap tahunnya kepada perusahaan AI tersebut.

Detail kesepakatan AI dapat berubah seiring dengan berlanjutnya pembicaraan mengenai peluncuran IPO Reddit, yang mungkin dilakukan pada Maret 2024.

Kesepakatan lisensi konten terjadi pada saat minat terhadap AI berada pada titik tertinggi sepanjang masa.

Perjanjian tersebut, yang ditandatangani dengan “perusahaan AI besar yang tidak disebutkan namanya”, dapat menjadi model untuk kontrak masa depan yang serupa, Bloomberg melaporkan.

IPO Reddit, yang telah berjalan selama lebih dari tiga tahun, akan menjadi IPO pertama perusahaan media sosial besar sejak debut Pinterest (PINS.N) pada tahun 2019.

Perusahaan yang berbasis di San Francisco ini bernilai sekitar $10 miliar dalam putaran pendanaan pada tahun 2021.

Rencana IPO ini dilakukan di tengah persaingan Reddit dan platform media sosial lainnya menghadapi persaingan ketat untuk mendapatkan iklan dari platform besar seperti TikTok dan Facebook.

IPO ini juga akan menguji kesediaan beberapa pengguna Reddit untuk mendukung debut perusahaan di pasar saham. Banyak investor yang memposting di platform ini telah membantu mendorong belasan reli saham "meme" dalam tiga tahun terakhir, mulai dari peritel GameStop hingga operator film AMC Entertainment Holdings.

Menurut sumber yang mengetahui rencana ini, Reddit menjadwalkan masa penawaran publik pada akhir Februari, meluncurkan roadshow pada awal Maret, dan menyelesaikan IPO pada akhir Maret.

Perusahaan yang berbasis di San Francisco, yang memiliki valuasi US$10 miliar usai putaran pendanaan pada tahun 2021, berencana menjual sekitar 10% sahamnya dalam IPO tersebut. Perusahaan akan memutuskan berapa target valuasi IPO mendekati waktu pencatatan.

Sumber-sumber tersebut memperingatkan bahwa rencana IPO Reddit dapat ditunda, seperti yang telah terjadi di masa lalu, dan meminta untuk tidak disebutkan namanya karena membahas pembahasan yang bersifat rahasia.

Sementara itu, juru bicara Reddit menolak berkomentar mengenai rencana IPO ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper