Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BYD, Pesaing Tesla Buatan China Dapat Tepuk Tangan dari Elon Musk

Elon Musk memberikan tepuk tangan atas perusahaan di China yang berhasil membuat pesaing Tesla.
CEO Tesla Elon Musk. /Bloomberg
CEO Tesla Elon Musk. /Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Elon Musk memberikan tepuk tangan atas perusahaan di China yang berhasil membuat pesaing Tesla.

Saat menjawab pertanyaan dari analis Morgan Stanley Adam Jonas dalam sebuah wawancara, Musk mencatat bahwa produsen mobil Tiongkok mungkin akan mendominasi banyak perusahaan dalam beberapa tahun ke depan.

Sebagaimana diketahui, kendaraan buatan China kini mulai dilirik kembali. Apalagi saat beberapa negara di dunia mulai mengkampanyekan penggunaan kendaraan listik alih-alih BBM.

Tiongkok adalah rumah bagi Gigafactory Shanghai, pusat ekspor kendaraan utama Tesla dan pabrik terbesarnya berdasarkan volume. 

Oleh karena itu, para eksekutif Musk dan Tesla akrab dengan intensitas pasar otomotif domestik Tiongkok.

Sejauh ini Tesla mampu ujuk gigi dengan kendaraan listrik Model 3 dan Model Y yang mereka buat di China, namun tidak dapat dipungkiri persaingan dari rival seperti BYD semakin meningkat. 

Mengacu pada alasan tersebut, Adam Jonas dari Morgan Stanley memilih untuk membahas produsen mobil Tiongkok selama laporan pendapatan Tesla baru-baru ini. 

Jonas bertanya seberapa besar keberhasilan yang bisa dicapai oleh para investor Tesla agar dapat dicapai oleh pesaing perusahaan asal Tiongkok di pasar Barat.

Dia juga bertanya apakah Tesla dapat membayangkan sebuah skenario di mana perusahaannya dapat bermitra dengan OEM Tiongkok untuk membantu mempercepat penerapan transportasi berkelanjutan. 

Tanda berpikir panjang, Elon Musk mengatakan jika produsen mobil Tiongkok adalah yang paling kompetitif di industri ini.

Dia juga mencatat bahwa Tesla akan dengan senang hati membantu pembuat kendaraan listrik lainnya, terutama dalam hal Jaringan Supercharger dan teknologi seperti Full Self-Driving. 

“Pengamatan kami secara umum menunjukkan bahwa perusahaan mobil Tiongkok adalah perusahaan mobil paling kompetitif di dunia. Jadi saya pikir mereka akan mencapai kesuksesan yang signifikan di luar Tiongkok tergantung pada jenis tarif atau hambatan perdagangan yang diterapkan. Sejujurnya, menurut saya, jika tidak ada hambatan perdagangan, maka hambatan tersebut akan menghancurkan sebagian besar perusahaan lain di dunia. Jadi, mereka sangat bagus," kata Elon Musk.

Sebagaimana diketahui, BYD belakangan ini mampu menyalip Tesla sebagai pembuat mobil listrik baterai terbesar di dunia pada kuartal keempat tahun 2024.

Dan mengingat Tesla masih belum memproduksi mobil terjangkau, kesenjangan antara perusahaan dan Volume BEV BYD kemungkinan akan meningkat pada kuartal mendatang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper