Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaringan Diler Kuat, Calon Emiten United Bike (UNTD) Pede Penjualan Moncer

Calon emiten Terang Dunia Internusa (UNTD) telah mendistribusikan sepeda motor listrik ke 490 diler di dalam negeri dan 15 diler ke luar negeri.
Jajaran direksi PT Terang Dunia Internusa Tbk. (UNTD) dalam paparan publik Kamis, (11/1/2024) /Bisnis-Rizqi Rajendra.
Jajaran direksi PT Terang Dunia Internusa Tbk. (UNTD) dalam paparan publik Kamis, (11/1/2024) /Bisnis-Rizqi Rajendra.

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen sepeda dan motor listrik merek United Bike, PT Terang Dunia Internusa Tbk. (UNTD) optimistis penjualan sepeda dan motor listrik perseroan akan meningkat seiring dengan jaringan diler yang kuat. Adapun, UNTD segera melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 7 Februari 2024 mendatang.

Direktur UNTD, Andrew Mulyadi mengatakan, perseroan telah mendistribusikan sepeda ke 490 diler di dalam negeri dan 15 diler ke luar negeri. 

“Dengan infrastruktur dan pengalaman yang kami miliki, ditambah dengan insentif pemerintah, kemudahan pembiayaan EV, serta pembangunan infrastruktur pengisian Listrik oleh pemerintah, kami berada di posisi strategis untuk mengembangkan bisnis sepeda motor listrik kami," ujar Andrew dalam keterangannya, Kamis (11/1/2024).

Secara terperinci, perseroan juga memiliki jaringan distribusi yang luas dengan 490 diler United Bike serta 26 diler dan 49 sub diler United E-Motor. 

"Perseroan meyakini bahwa dengan kekuatan merek dan jaringan distribusi yang luas, kedua hal ini dapat menjadi pondasi yang kokoh yang dapat membuat United E-Motor menjadi pemain dominan di pasar sepeda motor listrik," kata dia.

Adapun, UNTD memproduksi sepeda, sepeda listrik, e-Moped, dan motor listrik. Tipe sepeda dan sepeda listrik yang dimiliki oleh TDI beragam mulai dari folding bike, mountain bike, Road Bike, dan lain lain. Untuk motor listrik.

Untuk sepeda motor listrik, UNTD telah memiliki 4 tipe e-Motor yaitu MX-1200, T-1800, TX-1800, dan TX-3000, dengan spesifikasi yang paling tinggi adalah TX-3000.

"Dengan insentif yang diberikan oleh pemerintah serta adanya kemudahan dalam pembiayaan, kami meyakini bahwa pertumbuhan penjualan sepeda motor Listrik akan terus meningkat pada tahun-tahun yang akan datang," pungkasnya.

Perlu diketahui, UNTD akan melakukan penawaran umum perdana saham IPO dengan harga penawaran Rp170 hingga Rp240 per saham. Adapun, UNTD akan melepas sebanyak-banyaknya 1,66 miliar (1.666.666.700) saham dengan nominal Rp25 per saham atau mewakili 25% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor perseroan setelah IPO. 

Alhasil, dengan harga penawaran berkisar Rp170 hingga Rp240 per saham, maka UNTD berpeluang meraih dana segar maksimal Rp400 miliar, dan sekurang-kurangnya Rp283,33 miliar.

Adapun, masa penawaran awal (bookbuilding) akan berlangsung pada 11-22 Januari 2024, sedangkan masa penawaran umum adalah 1-5 Februari 2024. Perkiraan tanggal pencatatan saham UNTD di Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah 7 Februari 2024.

Mengacu prospektus IPO, seluruh dana IPO akan digunakan oleh perseroan untuk modal kerja untuk membeli bahan baku sepeda motor listrik dan E-Moped, antara lain untuk pembelian frame, baterai, dinamo, wheel-set, multi information display (spidometer digital, GPS), brake system, dan suspensi.

Dalam aksi korporasi ini, perseroan menunjuk PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia dan PT BRI Danareksa Sekuritas Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Sebagai informasi, PT Terang Dunia Internusa (TDI) merupakan perusahaan manufaktur sepeda dan motor listrik Tanah Air dengan merek United Bike sejak 1991. UNTD terafiliasi dengan PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk. (BIKE) merupakan distributor resmi untuk sepeda United dan produk motor listrik United E-Motor.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper