Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Maruf Beri 3 Tips Dongkrak Kinerja Pasar Modal Tahun Ini

Wapres Maruf menyampaikan tiga hal penting dalam rangka memajukan pasar modal Indonesia, salah satunya meningkatkan inovasi dan pemanfaatan teknologi digital
Wapres Maruf Beri 3 Tips Dongkrak Kinerja Pasar Modal Tahun Ini / Setwapres
Wapres Maruf Beri 3 Tips Dongkrak Kinerja Pasar Modal Tahun Ini / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menyampaikan tiga hal penting dalam rangka memajukan pasar modal Indonesia, khususnya pada tahun ini.

Hal ini disampaikannya saat membuka peresmian pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) 2024 di Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (2/1/2024).

Orang nomor dua di Indonesia itu menjelaskan untuk poin pertama perlunya untuk meningkatkan inovasi dan pemanfaatan teknologi digital dalam layanan kepada para investor di pasar modal.

“Pengaplikasian teknologi dan digitalisasi memainkan peran penting, termasuk pada pendalaman pasar modal. Selain memperluas basis investor maupun emiten, pemanfaatan platform digital akan mempermudah akses pasar modal dan menarik minat masyarakat, khususnya generasi muda dan milenial,” ujarnya.

Oleh sebab itu, dia melanjutkan bahwa para pelaku pasar modal terkait mesti didorong agar terus mengembangkan produk dan layanan yang lebih ramah digital.

Kedua, dia mengatakan bahwa perlu dioptimalisasi dan dikembangkan potensi pembiayaan melalui pasar modal dengan peningkatan literasi kepada masyarakat.

Apalagi, dia mengatakan bahwa saat ini bursa tidak lagi eksklusif milik korporasi besar, tetapi juga rumah pendanaan bagi usaha kecil dan menengah (UKM). Sehingga, BEI diharapkan tidak terjebak dalam zona nyaman, tetapi membuat terobosan agar UKM bisa memperoleh akses pembiayaan dari pasar modal.

Di samping itu, dia melanjutkan bahwa peningkatan edukasi dan literasi kepada masyarakat seyogianya terus menjadi agenda kerja BEI dan pemangku kepentingan, baik lewat jalur pendidikan formal maupun informal.

“Pemahaman yang makin baik terhadap investasi, berbanding lurus dengan kecakapan investor dalam pengambilan keputusan investasi, termasuk investasi di pasar modal,” ucapnya.

Terkait peningkatan literasi keuangan, dia meyakini bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berperan krusial, khususnya dalam penyiapan strategi dan kebijakan yang inklusif dan berkelanjutan.

Oleh sebab itu, dia mengatakan bahwa OJK diharapkan terus mendorong perluasan dan pemerataan akses keuangan, terutama produk pasar modal.

Ketiga, Wapres asal Tangerang itu meminta agar pemangku kepentingan dan pihak terkait dapat memperluas jejaring dan sinergi pemangku kepentingan guna mendorong peningkatan perdagangan saham di BEI.

Penyebabnya, dia mengatakan bahwa BEI dan Self-Regulatory Organization (SRO) dengan dukungan OJK agar mempertahankan operasional perdagangan secara maksimal, serta terus menciptakan ekosistem pasar modal yang kondusif dan menarik bagi investor lokal maupun asing.

“BEI diharapkan mampu meningkatkan likuiditas perdagangan saham, termasuk aktivitas perdagangan saham dan frekuensi transaksi, serta senantiasa mengedepankan prinsip akuntabilitas, transparansi dan tata kelola yang baik,” pungkas Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper