Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

United Tractor (UNTR) Resmi Akuisisi Tambang Nikel Stargate Rp3,22 Triliun

PT United Tractors Indonesia Tbk. (UNTR) mengumumkan telah mengakuisisi tambang nikel Stargate senilai Rp3,22 triliun.
Alat berat dari UNTR beroperasi disaah satu tambang milik perusahaan./foto-UNTR
Alat berat dari UNTR beroperasi disaah satu tambang milik perusahaan./foto-UNTR

Bisnis.com, JAKARTA – PT United Tractors Tbk. (UNTR) mengumumkan telah mengakuisisi tambang Stargate senilai Rp3,22 triliun.

UNTR mengakuisisi PT Stargate Pasific Resouces (SPR) yang dimiliki oleh PT Anugerah Surya Pasific Resources (ASPR) dan dan PT Anugerah Surya Investama (ASI). Adapun UNTR mengakuisisi Stargate melalui PT Danusa Tambang Nusantara (DTN) yang sahamnya dikendalikan oleh perseroan.

Emiten tambang itu mengakuisisi Stargate dengan melakukan dua transaksi. Pertama, UNTR mengakuisisi 70% saham Stargate kepada ASPR atas 69,9991% saham yang dimiliki dan ASI atas 0,0009% saham sebesar Rp3,18 triliun.

Kemudian, UNTR mengakuisisi 69% saham yang dimiliki oleh ASPR atas Stargate Mineral Asia (SMA) dan 1% saham yang dimiliki oleh SPR untuk pengambilalihan saham-saham dalam SMA sebesar Rp41,9 miliar.

Jumlah itu setara dengan 70%  dari seluruh modal saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam SMA.

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan United Tractors Sara K. Loebis mengatakan PT Danusa Tambang Nusantara (DTN) menandatangani perjanjian jual beli saham (conditional share sale and purchase agreement/CSPA) saham Anugerah Surya Pacific pada 16 Oktober 2023.

DTN membeli saham Anugerah Surya Pacific (ASPR) dari PT Kalira Pascama (KP) sebanyak 33,33% saham, dari PT Bintang Prima Investama (BPI) sebanyak 16,67% saham, dan dari PT Anugerah Dayakaya Angkasa (ADA) sebanyak 16,67% saham.

“Tujuan transaksi ini adalah untuk menambah portofolio diversifikasi kegiatan usaha UNTR sebagai bagian dari strategi berkesinambungan dan melanjutkan pengembangan lebih luas dari grup usaha di bidang nikel,” kata Sara dalam keterbukaan informasi, Rabu (18/10/2023).

Setelah penandatanganan seluruh CSPA ini, kata Sara, baik DTN maupun ASPR, KP, BPI dan ADA akan melakukan pemenuhan persyaratan pendahuluan (condition precedents) dengan tanggal akhir penyelesaian akan jatuh paling lambat pada 31 Desember 2023 atau pada waktu lain yang disepakati oleh DTN serta ASPR, KP, BPI dan ADA.

Sebagai informasi, UNTR sebelumnya telah menjalin kerja sama strategis dengan ASPR pada Desember 2022. Ketika itu, UNTR mengakuisisi perusahaan tambang nikel PT Stargate Pasific Resources (SPR) dan perusahaan pengolahan (smelter) nikel PT Stargate Mineral Asia (SMA) pada 3 Desember 2022, dengan total transaksi Rp4,27 triliun.

Stargate Pasific Resources merupakan perusahaan tambang nikel yang berlokasi di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. SPR merupakan perusahaan hasil penggabungan atau joint venture antara Risjadson Group, Indonesia dan Glencore International AG, Switzerland.

Pada April 2017,  Anugerah Surya Pacific Resources (ASPR) mengambil 100 persen kepemilikan di Stargate, dengan tujuan mengembangkan proyek nikel Stargate dari operasi pertambangan saja, menjadi pengolahan nikel untuk feronikel dan bahan baterai nikel energi baru.

SPR merupakan pemegang izin pertambangan di lahan dengan luas sekitar 1.647 hektar (ha).

Pada 2021, ASPR sendiri diketahui tengah membangun smelter feronikel yang memproduksi nickel pig iron dan kawasan industri di Konawe Utara ASPIRE Stargate Industrial Park melalui SMA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper