Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup Astra (ASII & UNTR) Sabet Dua Kategori Bisnis Indonesia Awards 2024

PT Astra International Tbk. (ASII) dan PT United Tractors Tbk. (UNTR) menyabet dua penghargaan Bisnis Indonesia Awards 2024.
Komisaris Bisnis Indonesia Group Dorothea Samola memberikan kata sambutan saat Bisnis Indonesia Awards (BIA) 2024 di Jakarta, Kamis (13/6/2024). Bisnis Indonesia kembali menyelenggarakan Bisnis Indonesia Awards (BIA), ajang penghargaan bagi perusahaan-perusahaan dengan kinerja terbaik yang mengusung tema Agility in Uncertainty. JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P
Komisaris Bisnis Indonesia Group Dorothea Samola memberikan kata sambutan saat Bisnis Indonesia Awards (BIA) 2024 di Jakarta, Kamis (13/6/2024). Bisnis Indonesia kembali menyelenggarakan Bisnis Indonesia Awards (BIA), ajang penghargaan bagi perusahaan-perusahaan dengan kinerja terbaik yang mengusung tema Agility in Uncertainty. JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA -- Dua perusahaan Grup Astra yakni PT Astra International Tbk. (ASII) dan PT United Tractors Tbk. (UNTR) menyabet dua penghargaan Bisnis Indonesia Awards 2024.

Astra International menyabet penghargaan pada kategori Perusahaan Holding Multisektor sedangkan unit usahanya United Tractors memenangi kategori Mesin. 

Sebagai informasi, PT Astra International Tbk. (ASII) mencatatkan penjualan mobil tembus 41.314 unit pada Mei 2024. Angka tersebut merupakan kenaikan penjualan ASII yang tertinggi sepanjang tahun berjalan. 

Ditinjau secara bulanan, penjualan mobil ASII mengalami kenaikan 53,53% secara month-to-month (mtm) dibandingkan penjualan April 2024 yang hanya sebanyak 26.908 unit. Alhasil, pangsa pasar (market share) ASII pada Mei 2024 pun naik menjadi 58%.

Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto mengatakan, perseroan optimistis penjualan mobil secara nasional akan meningkat, terutama dengan adanya pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

“GIIAS 2024 yang akan diselenggarakan pada Juli mendatang, diharapkan dapat menjadi faktor pendorong peningkatan penjualan otomotif nasional dengan menghadirkan ragam pilihan kendaraan yang sesuai bagi kebutuhan konsumen di Tanah Air,” ujar Boy dalam siaran pers, Rabu (12/6/2024).

Sementara itu, Grup Astra semakin melebarkan sayap bisnisnya ke IKN. Terkini, 11 merek Grup Astra hadir di Astra Biz Center-IKN, yang prosesi groundbreaking-nya dihadiri oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (4/6/2024). 

Direktur Astra Rudy mengatakan Astra Biz Center-IKN akan menjadi pusat layanan dari 11 merek dari perusahaan Grup Astra, yang meliputi Astra Motor, Auto2000, Astra Daihatsu, FIFGROUP, Asuransi Astra, ACC, TAF, PT United Tractors Tbk. (UNTR), ASTRA Infra, SERA, dan Astra Property. 

“Astra Biz-IKN yang dibangun oleh Astra merupakan komplek terpadu, terintegrasi, dan berkonsep one stop service sebagai pusat layanan 11 merek dari perusahaan Grup Astra,” kata Rudy dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (4/6/2024). 

Astra Biz Center-IKN yang di bangun di atas lahan seluas 3,4 hektare merupakan Astra Biz Center ketiga di Indonesia. Dua Astra Biz Center lainnya dibangun di Bandung, Jawa Barat pada tahun 2011 dan BSD, Tangerang Selatan, Banten pada tahun 2017. 

Rudy mengklaim pembangunan Astra Biz Center-IKN oleh Astra sejalan dengan konsep Forest City IKN yang menekankan keseimbangan antara pembangunan kota dan kelestarian alam serta lingkungan. 

Astra Biz Center-IKN yang dibangun oleh Astra akan mengutamakan pemenuhan kebutuhan  pelanggan serta memberikan kemudahan kepada masyarakat terhadap produk-produk  mobilitas kendaraan roda empat dan roda dua Astra yang dilengkapi dengan berbagai layanan pendukungnya. 

Sebagai informasi, Bisnis Indonesia Award 2024 mengusung tema Agility in Uncertainty, menyoroti pentingnya kemampuan adaptasi dan inovasi dalam menghadapi ketidakpastian. Tema ini sangat relevan dengan kondisi dunia usaha selama lima tahun terakhir, di mana perusahaan-perusahaan harus beradaptasi dengan cepat dan efektif untuk tetap bertahan dan berkembang.

Sepanjang tahun 2023, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,1%, dan hingga Juni 2024, perekonomian tetap stabil dengan pertumbuhan 5,0%. IHSG juga menunjukkan kinerja yang positif dengan kenaikan sebesar 7% sejak awal tahun, didorong oleh sektor keuangan, barang konsumen, dan infrastruktur. Angka-angka ini mencerminkan ketangguhan dan kemampuan beradaptasi perusahaan-perusahaan Indonesia di tengah berbagai tantangan.

Selain itu, investasi asing langsung (FDI) juga menunjukkan peningkatan signifikan, mencerminkan kepercayaan investor terhadap prospek ekonomi Indonesia. Pada kuartal pertama 2024, realisasi investasi mencapai Rp401,5 triliun, naik 22,1% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Penanaman Modal Asing (PMA) berkontribusi sebesar Rp204,4 triliun (50,9%), sementara Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) mencapai Rp197,1 triliun (49,1%). Investasi ini menyerap tenaga kerja sebanyak 547.419 orang, jumlah tertinggi sepanjang sejarah​.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper