Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anak Usaha XL Axiata (LINK) Serius Garap Bisnis Keamanan Siber Buat Perbankan

PT Link Net Tbk. (LINK) serius menyajikan layanan keamanan siber buat lembaga keuangan di Indonesia, terutama industri perbankan.
Anak usaha PT XL Axiata Tbk, PT Link Net Tbk. (LINK) serius menyajikan layanan keamanan siber buat lembaga keuangan di Indonesia, terutama industri perbankan./linknet.co.id
Anak usaha PT XL Axiata Tbk, PT Link Net Tbk. (LINK) serius menyajikan layanan keamanan siber buat lembaga keuangan di Indonesia, terutama industri perbankan./linknet.co.id

Bisnis.com, JAKARTA —  PT Link Net Tbk. (LINK) serius menyajikan layanan keamanan siber buat lembaga keuangan di Indonesia, terutama industri perbankan.

Chief Enterprise Business Officer Link Net Agung Satya Wiguna menjelaskan bahwa salah satu layanan keamanan siber dari LinkNet Enterprise Business adalah penetration test. Pada prinsipnya, penetration test dapat menjadi solusi untuk mereduksi kejahatan pada sistem perbankan dengan meninjau kelemahan atau celah yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku fraud.

"Dalam konteks sistem IT perbankan, penetration test yang merupakan salah satu layanan kami ini sangat diperlukan untuk memastikan sistem dan data keuangan dilindungi dengan baik dari ancaman keamanan," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (26/10/2023).

Bagi emiten anak usaha PT XL Axiata Tbk. (EXCL) itu, penetration test bakal memberikan sejumlah manfaat signifikan pada industri perbankan dengan meningkatkan keamanan sistem dan data keuangan, seperti meningkatkan kepercayaan pelanggan.

"Dengan mengonfirmasi bahwa sistem perbankan telah diuji secara menyeluruh dan aman dari serangan, pelanggan akan merasa lebih nyaman dalam menggunakan layanan perbankan dan berbagi informasi keuangan mereka," ujar Agung.

Selain itu, penetration test membantu dalam mengidentifikasi celah keamanan yang dapat digunakan oleh pihak yang tidak berwenang untuk mencuri identitas nasabah. Dengan mengamankan data identitas, bank dapat membantu mencegah pencurian identitas dan penipuan keuangan.

Sejatinya menjalankan penetration test secara berkala juga dapat memenuhi tuntutan pasar. Pada era di mana layanan perbankan digital semakin dominan, memiliki reputasi yang baik dalam keamanan dan privasi dapat menjadi keunggulan kompetitif bagi bank.

"Sebagai industri yang bergerak di atas kepercayaan masyarakat, penetration test pada industri perbankan menjadi sangat mendesak. Bukan hanya untuk menjaga kepercayaan publik, tapi juga kerugian lain dari aksi fraud," jelasnya.

Senada, Koordinator Indonesia Financial Watch (IFW) Abraham Runga Mali menjelaskan bahwa setidaknya terdapat dua dampak negatif yang akan diterima oleh industri perbankan jika maraknya kejahatan atau fraud tidak segera ditanggulangi.

Selain kerugian materil, fraud perbankan dapat merusak reputasi perusahaan perbankan yang menjadi sasaran kejahatan.

Hal ini membuat nasabah kehilangan kepercayaan sehingga berdampak negatif pada bisnis mereka. Selain itu, fraud di industri perbankan bisa memberikan efek ketidakpercayaan pada sistem keuangan. Jika kondisi seperti ini dibiarkan, dia khawatir dapat menggoyang tatanan perekonomian secara lebih luas.

"Orang-orang mungkin menjadi skeptis terhadap keamanan perbankan dan lebih enggan menggunakan layanan perbankan secara online," ujarnya kepada media.

Untuk mengurangi risiko fraud perbankan, Abraham menegaskan pentingnya untuk mengadopsi praktik sistem keamanan perbankan yang kuat serta secara terus-menerus meningkatkan teknologi keamanan sistem perbankan.

"Keamanan siber hingga sosialisasi keamanan sistem perbankan bagi nasabah juga merupakan langkah-langkah penting untuk mengurangi risiko fraud," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper