Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Emas Antam Tembus Rekor Tertinggi, Ini Saran Analis

Harga emas 24 karat Antam menembus rekor tertinggi pada Sabtu (21/10/2023) seiring dengan penguatan emas global.
Artha Adventy, Hafiyyan
Artha Adventy & Hafiyyan - Bisnis.com
Minggu, 22 Oktober 2023 | 06:41
Harga emas 24 karat Antam menembus rekor tertinggi pada Sabtu (21/10/2023) seiring dengan penguatan emas global. Bisnis/Himawan L Nugraha
Harga emas 24 karat Antam menembus rekor tertinggi pada Sabtu (21/10/2023) seiring dengan penguatan emas global. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Harga emas 24 karat Antam menembus rekor tertinggi pada Sabtu (21/10/2023) seiring dengan penguatan emas global. Harga emas terdorong sentimen The Fed yang lebih dovish soal kenaikan suku bunga dan ketidakpastian konlifk Israel-Palestina.

Dovish didasarkan pada kata 'dove' (merpati), hewan yang diidentik memiliki sifat jinak, penurut, dan lembut. Dovish merupakan sebuah kondisi yang memungkinkan bank sentral untuk menunda menaikkan suku bunga atau melonggarkan kebijakan moneter.

Jika bank sentral menyampaikan pernyataan bernada 'dovish', maka hal ini diartikan dengan bank sentral yang cenderung menahan atau menunda kenaikan suku bunga. Sentimen The Fed tersebut membuat dolar AS melemah dan investor memilih beralih ke aset aman emas.

Berdasarkan data Blomberg, harga emas paling aktif untuk pengiriman Desember di divisi Comex New York Exchange pada Jumat (20/10) ditutup naik US$13,90 atau 0,70% ke level US$1.994,40 per troy ounce. Sedangkan harga emas spot naik 0,35% ke level US$1.981,40 per troy ounce.

Israel meratakan distrik Gaza utara setelah memberikan peringatan setengah jam kepada keluarga-keluarga untuk melarikan diri, dan menyerang sebuah gereja Kristen Ortodoks di mana orang lain berlindung, karena jelas bahwa perintah untuk menyerang Gaza diperkirakan akan segera diberikan.

“Orang-orang beralih ke emas dan menemukan rasa aman di tengah risiko geo-politik. Jika terjadi eskalasi konflik di Timur Tengah, harga emas akan menembus US$2.000,” kata Phillip Streible, kepala strategi pasar di Blue Line Futures di Chicago, sebagaimana dikutip Reuters.

Emas telah naik 2,5% minggu ini, dan bertambah hampir US$160 sejak awal konflik.

Sementara itu, di dalam negeri, harga emas 24 karat Antam kembali menembus rekor tertinggi pada Sabtu (21/10/2023), seiring dengan penguatan emas global.

Berdasarkan informasi dari Unit Pengelolaan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga emas 24 karat paling murah ukuran terkecil yaitu 0,5 gram yang dibanderol seharga Rp610.500, naik Rp4.500 dari harga pada hari sebelumnya.

Berikutnya, untuk harga emas Antam cetakan 1 gram dipatok seharga Rp1.121.000 naik Rp9.000 dari harga kemarin. Ini menjadi rekor tertinggi baru.

Direktur Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan harga emas Antam saat ini yang menyentuh level tertingginya di Rp1.112.000 per gram pada perdagangan merupakan momen yang belum pas untuk investor menjual logam mulianya. 

“Harga masih Rp1,21 juta, belum kena pajak dan potongan lainnya. Kalau jual sekarang cuma bisa balik modal, tunggu sebentar lagi,” jelasnya menjawab pertanyaan Bisnis, Sabtu (21/10/2023). 

Ibrahim memproyeksikan harga logam mulia akan naik mengikuti harga emas global yang naik akibat eskalasi konflik Israel – Palestina yang sudah meluas. Terlebih negara-negara seperti Yaman sudah ikut menyerang Israel. 

Konflik yang meluas menyebabkan investor beralih ke emas sebagai salah satu investasi safe haven. Emas dalam beberapa hari atau jangka waktu pendek, kata Ibrahim, dapat menembus level US$2.050 per troy ounce. Secara teknikal, harga emas global saat ini memiliki level resistance di US$1.982, US$2.000, US$2.050 dan US$2.100 per troy ounce. 

“Tapi ini hanya bertahan sebentar, manfaatkan untuk jual logam mulia yang mengekor emas global,” katanya. 

Kondisi naiknya harga logam mulia yang tidak bertahan lama salah satunya karena Indonesia sendiri masuk tahun politik. Pejabat dan calon pemimpin yang akan melakukan kampanye menurut Ibrahim akan memanfaatkan kesempatan dengan menjual logam mulia di harga tinggi untuk modal kampanye. 

Aksi jual yang dilakukan pejabat tentu akan memberikan tekanan pada harga logam mulia itu sendiri. Harga di atas Rp1,1 juta untuk emas Antam atau US$2.000 per troy ounce untuk emas global tidak akan bertahan hingga akhir tahun. 

Meski harga emas diprediksi akan meningkat, namun momentumnya tidak akan bertahan lama. Hal itu membuat kenaikan emas tidak akan terlalu berdampak pada emiten-emiten emas Indonesia, termasuk ANTM sendiri.

Suku Bunga The Fed

Monex Investindo Futures dalam publikasi risetnya menjelaskan harga emas kembali melesat sejak perdagangan Kamis merespons pernyataan gubernur bank sentral Amerika Serikat (AS) atau yang dikenal dengan The Fed.

Gubernur The Fed Jerome Powell Kamis malam berbicara di Economic Club of New York Luncheon, mengungkapkan hal senada dengan koleganya yakni tingginya imbal hasil (yield) obligasi atau Treasury membuat kondisi finansial mengetat secara signifikan.

Pelaku pasar melihat pernyataan tersebut sebagai sikap yang agak dovish atau lebih konservatif dengan suku bunga. Pasca pernyataan tersebut, pelaku pasar melihat probabilitas sebesar 99,9% The Fed akan mempertahankan suku bunga pada November nanti. Sementara untuk Desember, probabilitas suku bunga tidak dinaikkan sebesar 73%.

"Alhasil Gold mendapat sentimen positif, dan pada awal perdagangan sesi Asia Jumat (20/10/2023) kembali naik ke US$ 1.982,15 per troy ons, tertinggi sejak 27 Juli lalu. Harga emas kini semakin dekat level psikologis US$2.000 per troy ons," papar Monex.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy & Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper