Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Minyak Naik Akibat Prospek Defisit Pasokan Global Kuartal IV/2023

Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) hari ini naik di atas US$91 per barel setelah melonjak 29 persen dalam tiga bulan hingga September 2023.
Tempat penyimpanan minyak di Pelabuhan Richmond in Richmond, California/ Bloomberg - David Paul Morris
Tempat penyimpanan minyak di Pelabuhan Richmond in Richmond, California/ Bloomberg - David Paul Morris

Bisnis.com, JAKARTA- Harga minyak mentah mengawali kuartal IV/2023 dengan positif atau naik tipis di tengah spekulasi pasar bahwa permintaan global melebihi pasokan.

Mengutip Bloomberg, Senin (2/10/2023), harga minyak West Texas Intermediate (WTI) hari ini naik di atas US$91 per barel setelah melonjak 29 persen dalam tiga bulan hingga September 2023. Lonjakan itu merupakan kenaikan kuartal ketiga terbesar dalam hampir dua dekade.

Hari libur di banyak negara Asia-Pasifik pada Senin, termasuk China dan India, dapat membatasi volume perdagangan aset berisiko seperti komoditas.

Minyak telah menguat sejak pertengahan Juni setelah Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya membatasi pasokan minyak mentah, Rusia melarang ekspor solar, dan data resmi AS mengkonfirmasi penurunan stok minyak mentah di pusat penting di Cushing, Oklahoma.

Kenaikan harga minyak yang juga didukung oleh kuatnya permintaan, telah menghidupkan kembali spekulasi bahwa harga minyak sebesar US$100 per barel mungkin akan kembali terjadi.

“Gelombang terbaru dari momentum peningkatan yang kuat dari kekhawatiran pasokan telah habis pada akhir minggu lalu. Komoditas minyak kemungkinan akan memasuki fase konsolidasi sambil menunggu isyarat lebih lanjut,” kata Vandana Hari, pendiri perusahaan analisis Vanda Insights di Singapura.

KTT Adipec di Abu Dhabi minggu ini, yang merupakan konferensi energi terbesar di Timur Tengah, mungkin menawarkan wawasan baru mengenai apa yang akan terjadi pada pasar minyak mentah pada kuartal ini.

Pembicara yang dijadwalkan hadir pada konferensi di Abu Dhabi termasuk Menteri Energi Uni Emirat Arab Suhail Al Mazrouei, dan Haitham Al-Ghais, Sekretaris Jenderal OPEC.

Adapun indikator yang banyak diamati pelaku pasar menunjukkan kondisi pasokan yang lebih ketat. Spread cepat WTI yakitu selisih antara dua kontrak terdekatnya, adalah US$2,01 per barel dalam kemunduran, yang dinilai sebagai pola bullish. Bandingkan dengan 80 sen sebulan lalu.

September lalu, Goldman Sachs Group Inc. bergabung dengan para analis yang memprediksi bahwa harga minyak mentah global segera mencapai US$100 per barel. Goldman Sachs merevisi prediksi harga minyak menjadi tiga digit lantaran permintaan di seluruh dunia mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Goldman Sachs menaikkan perkiraan 12 bulan untuk patokan global Brent menjadi US$100 per barel dari sebelumnya US$93 per barel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper