Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BEI Patok Biaya Pelatihan Bursa Karbon Rp1 Juta per Orang

Pelatihan bagi pengguna jasa Bursa Karbon bakal dikenai biaya Rp1 juta per orang.
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatihan bagi pengguna jasa Bursa Karbon bakal dikenai biaya Rp1 juta per orang bila di luar jadwal Penyelenggara Bursa Karbon (PBK).

Bursa Efek Indonesia (BEI) mengeluarkan surat edaran mengenai biaya pengguna jasa Bursa Karbon. Terdapat beberapa biaya transaksi yang akan dikenakan BEI, yang akan menyesuaikan dengan jenis pasar Bursa Karbon. 

Dalam surat edarannya, Direktur Utama BEI Iman Rachman dan Direktur BEI Jeffrey Hendrik mengatakan biaya untuk pendaftaran unit karbon ditetapkan sebesar Rp0 per ton unit karbon. 

Sementara itu, biaya transaksi unit Bursa Karbon per pengguna jasa Bursa Karbon beli dan pengguna jasa Bursa Karbon jual per transaksi akan dikenakan beragam. Rinciannya, di pasar reguler PBK akan dikenakan 0,11 persen dari nilai transaksi. 

Lalu di pasar negosiasi PBK, akan dikenakan tarif yang sama, yakni 0,11 persen dari nilai transaksi. 

"Di pasar lelang dan pasar non-reguler PBK, akan dikenakan biaya 0,22 persen dari nilai transaksi," kata Iman dan Jeffrey, Senin (25/9/2023). 

Bursa melanjutkan, pembayaran biaya transaksi sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai, tetapi tidak termasuk kewajiban perpajakan lainnya yang dibayarkan melalui PBK sebagai wajib pungut. 

Biaya transaksi Unit Karbon ini akan diberikan insentif berupa pengurangan nilai tagihan dari total biaya transaksi yang ditagihkan kepada pengguna jasa Bursa Karbon sampai 31 Oktober 2023, dengan ketentuan pasar reguler dan negosiasi PBK 0,05 persen dari nilai transaksi. Sementara itu, pasar lelang dan pasar non-reguler PBK adalah 0,11 persen dari nilai transaksi. 

Kemudian untuk biaya penarikan dana dari rekening pengguna jasa Bursa Karbon adalah sebesar Rp25.000 per penaikan dana dari rekening pengguna jasa Bursa Karbon. 

BEI juga menyebut pengguna jasa Bursa Karbon wajib membayar biaya pelatihan tambahan dalam hal pengguna jasa Bursa Karbon mengajukan permintaan pelatihan di luar jadwal yang telah ditetapkan oleh PBK dengan tetap mengikuti ketersediaan waktu PBK. 

Biaya pelatihan tambahan yang dikenakan kepada pengguna jasa Bursa Karbon ditetapkan sebesar Rp1 juta per orang. 

"Selain ketentuan perpajakan terkait biaya transaksi, maka biaya lain sebagaimana diatur dalam Surat Edaran ini tunduk kepada peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia dan akan dibayarkan atau ditarik melalui PBK," ucap BEI. 

Adapun, PBK dari waktu ke waktu berwenang untuk mengubah besaran biaya sebagaimana diuraikan dalam Surat Edaran BEI tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper