Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Keunggulan Investasi Obligasi FR, Bisa Dibeli Mulai Rp1 Juta

Kini, investor ritel bisa membeli instrumen obligasi FR mulai Rp1 juta melalui aplikasi Bibit.id.
Aplikasi investasi Bibit kini memfasilitasi investasi obligasi negara fixed rate (FR)/Istimewa.
Aplikasi investasi Bibit kini memfasilitasi investasi obligasi negara fixed rate (FR)/Istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA – Aplikasi investasi Bibit.id memungkinkan lebih banyak masyarakat bisa membeli obligasi negara fixed rate (FR) yang 100 persen dijamin oleh pemerintah Indonesia. Kini, investor ritel bisa membeli instrumen obligasi FR mulai Rp1 juta.

Guru Besar bidang Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Rhenald Kasali mengatakan ketidakpastian dan risiko dalam berinvestasi itu akan selalu ada, namun masyarakat dapat memilih lebih bijaksana dalam membangun portofolio investasi mereka.

Menurutnya ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi di era digital seperti sekarang ini. Pertama, aspek produk dan risiko.

“Saya ingin mengapresiasi Bibit, aplikasi investasi yang telah digunakan oleh lebih dari lima juta investor di Indonesia, karena berhasil membuat investasi semakin inklusif,” kata Rhenald dalam keterangannya, Senin (18/9/2023).

Lewat inovasinya, aplikasi Bibit memungkinkan investor ritel untuk bisa membeli obligasi FR dengan cara yang mudah dan aman. Sebagai informasi, saat ini rata-rata imbal hasil atau yield obligasi FR adalah sekitar 5-7 persen per tahun, lebih besar dari bunga deposito. Pajak yang dikenakan pada obligasi FR juga hanya 10 persen, berbeda dari deposito yang berada di angka 20 persen.

Kedua, aspek keamanan dan kejelasan. obligasi FR merupakan instrumen investasi yang sangat aman karena pemerintah Indonesia menjamin 100 persen pembayaran pokok dan kuponnya.

Berbeda dari deposito yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan memiliki batas maksimal Rp2 miliar per bank per nasabah, jumlah investasi obligasi FR tetap dijamin oleh negara tanpa batas maksimal.

Dalam sejarah, negara tidak pernah gagal bayar obligasi negara. Investor juga bisa menjual investasinya sewaktu-waktu tanpa harus menunggu jatuh tempo.

Selain itu, semua produk yang diinvestasikan lewat Bibit, mulai dari reksa dana, saham, dan obligasi FR tercatat di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sehingga semua investasi tersebut tercatat atas nama pengguna/investor selaku pemilik aset.

“Hal ini membuat investasi sangat jelas dan transparan. Saat saya cek, Bibit juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Ini penting,” jelas Rhenald.

Ketiga, aspek kemudahan. Para pengguna Bibit dapat menggunakan Rekening Dana Nasabah (RDN) sebagai metode pembayaran. Dalam hal ini, Bibit bekerjasama dengan BCA dan Bank Jago untuk pembukaan RDN. Pembelian Obligasi FR di Bibit juga bisa dilakukan setiap hari 24 jam secara online, berbeda dengan di bank yang hanya bisa dilakukan saat jam bursa dan mungkin harus melalui relationship manager (RM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper