Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tekan Emisi Gas Rumah Kaca, Pamapersada (PAMA) Tanam Pohon Mangrove di Pantai Lamaru Kaltim

PT Pamapersada (PAMA) melakukan penanaman pohon mangrove di Kawasan Wisata Pantai Lamaru, Kota Balikpapan, Kaltim sebagai upaya menekan emisi gas rumah kaca.
PT Pamapersada Nusantara (PAMA) melakukan penanaman pohon bakau (mangrove) di Kawasan Wisata Pantai Lamaru, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (5/9/2023).
PT Pamapersada Nusantara (PAMA) melakukan penanaman pohon bakau (mangrove) di Kawasan Wisata Pantai Lamaru, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (5/9/2023).

Bisnis.com, Balikpapan — Anak usaha PT United Tractors Tbk. (UNTR), PT Pamapersada Nusantara (PAMA) melakukan aksi penanaman pohon bakau (mangrove) di Kawasan Wisata Pantai Lamaru, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, yang merupakan bagian dari program CSR (Corporate Social Responsibility) Pamapersada untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Kegiatan tersebut ditandai secara seremonial dengan melakukan penanaman 300 bibit pohon mangrove oleh Pamapersada bersama jajaran Polairud Polda Kalimantan Timur.

External Relation Depaptement Head PAMA Gunawan Setiadi mengatakan, penanaman 300 mangrove tersebut hanyalah langkah awal, ke depan Pamapersada berencana akan berencana mengeksplorasi kawasan hutan mangrove untuk ke depannya dikelola menjadi kawasan wisata mangrove di kawasan di area Kalimantan Timur, yang merupakan provinsi dengan area oprasional PAMA terbanyak.

Secara total di tahun ini, PAMA telah menanam lebih dari 30 ribu pohon mangrove yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Belum lama ini, perusahaan kontraktor batu bara tersebut juga telah menanam bibit pohon mangrove di wilayah pantai Karawang yang berbatasan dengan Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

"Sebagaimana diketahui, perusahaan kita bergerak dalam bidang kontraktor batu bara yang masih menggunakan bahan bakar fosil, maka penanaman mangrove ini merupakan salah satu upaya kami untuk menekan emisi gas rumah kaca," kata Gunawan, Selasa (5/9/2023).

CSR Departement Head Pamapersada Maidi Irvan menambahkan, penanaman pohon mangrove tersebut merupakan salah satu komitmen Pamapersada dalam menjaga kelestarian alam sambil terus berupaya melakukan transisi menuju energi yang lebih ramah lingkungan.

"Langkah tersebut merupakan bagian dari komitmen kita terhadap kelestarian lingkungan. Jadi kita sama-sama berupaya mengurangi emisi yang dihasilkan dengan melakukan mitigasi dan adaptasi terhadap lingkungan, baik itu melalu revitalisasi hutan, merawat hutan dan melakukan reengineering terhadap alat-alat yang ada di wilayah operasi PAMA," kata Maidi.

Tidak hanya sektor lingkungan, CSR Pamapersada juga meliputi sektor ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Kesemuanya, lanjut Maidi, telah mengadopsi konsep Triple Bottom Line, yakni people, planet dan profit yang mengusung kesetaraan dan keadilan bagi semua masyarakat lingkungan operasional PAMA.

Dalam sektor ekonomi, Pamapersada fokus pada pengembangan UMKM, dengan melakukan pelatihan, pendampingan hingga akses pasar dan permodalan. Dimana per Agustus 2023 ini, tercatat sebanyak 72 UMKM yang berada dibawah binaan PAMA.

"Kesemua UMKM tersesebut telah kita dampingi dan telah berhasil mendapatkan sertifikat IRT, sertifikat NIB dan sertifikasi halal," kata Maidi.

Sementara di sektor pendidikan, PAMA fokus pada peningkatan keterampilan guru. Tercatat dalam 3 tahun terakhir,  PAMA telah melaksanakan seminar guru yang dihadiri oleh 600 perwakilan dari seluruh wilayah di kabupaten Paser. Selain itu, PAMA juga memiliki program Gerakan Orang Tua Asuh yang memberikan beasiswa bagi siswa dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

"Pada program tersebut, kami mencari peserta di areal wilayah operasi PAMA untuk kemudian kita beri beasiswa agar ke depan mampu bersaing dengan anak-anak di kota besar seperti di Jakarta," tambah Medy.

Adapun pada sektor Kesehatan, PAMA berfokus pada pembinaan Posyandu dan pengentasan stunting. Dimana pada tahun 2023, CSR PAMA dipercaya oleh pemerintah daerah Kabupaten Paser untuk menjadi bapak asuh 10 balita yang mengalami stunting, dan ditargetkan akan bertambah menjadi 15 anak asuh pada 2024 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ibad Durrohman
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper