Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Membaik, GOTO Revisi Target EBITDA yang Disesuaikan

GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) merevisi target EBITDA yang disesuaikan menjadi negatif Rp4,5 triliun dan negatif Rp3,8 triliun untuk tahun 2023.
CEO GOTO Group, Patrick Walujo. GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) merevisi target EBITDA yang disesuaikan menjadi negatif Rp4,5 triliun dan negatif Rp3,8 triliun untuk tahun 2023. - Youtube Gopay.
CEO GOTO Group, Patrick Walujo. GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) merevisi target EBITDA yang disesuaikan menjadi negatif Rp4,5 triliun dan negatif Rp3,8 triliun untuk tahun 2023. - Youtube Gopay.

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) melakukan revisi target EBITDA yang disesuaikan untuk seluruh tahun 2023. 

Dalam keterangan resminya, Manajemen GOTO menuturkan EBITDA Grup yang disesuaikan akan berada pada kisaran negatif Rp4,5 triliun dan negatif Rp3,8 triliun. 

Sebelumnya, GOTO menargetkan EBITDA yang disesuaikan dapat mencapai kisaran negatif Rp5,3 triliun dan negatif Rp4,6 triliun. 

"Ini adalah revisi dari kisaran yang sebelumnya diharapkan, yaitu antara -Rp5,3 triliun dan -Rp4,6 triliun karena kemajuan signifikan di paruh pertama," kata Manajemen GOTO dalam keterangan resminya, Selasa (15/8/2023). 

GOTO juga menetapkan EBITDA Grup yang disesuaikan dapat positif pada kuartal IV/2023. 

Sebagai informasi, GOTO mencatatkan perbaikan EBITDA yang disesuaikan sebesar 72 persen di kuartal II/2023 dibandingkan tahun sebelumnya menjadi negatif Rp1,2 triliun. Hal ini didorong oleh peningkatan monetisasi dan optimalisasi insentif berkelanjutan. 

Direktur Utama GOTO Patrick Walujo menuturkan sesuai dengan komitmen GOTO, saat ini GOTO berada pada jalur yang tepat untuk mencapai EBITDA yang disesuaikan positif pada tahun ini. 

"Namun, mencapai titik impas bukanlah tujuan akhir. Pertumbuhan yang berkelanjutan dan menguntungkanlah yang harus kami capai," kata Patrick dalam keterangan resminya, Selasa (15/8/2023). 

Untuk mencapai hal tersebut, lanjutnya, dibutuhkan segera terlaksananya eksekusi yang tepat, serta meningkatkan total pasar potensial (TAM) untuk memperluas basis konsumen GOTO. 

Menurutnya, setelah membangun basis konsumen yang kuat pada kategori konsumen yang memprioritaskan kenyamanan, GOTO akan terus memperluas basis konsumennya, tanpa menggunakan insentif yang tidak dapat dipertahankan untuk jangka panjang, dalam kalangan konsumen yang memprioritaskan harga yang memprioritaskan value for money. 

"Kami sedang mempersiapkan strategi jangka panjang untuk mencapai tujuan tersebut, dan saat ini GoTo akan terus beroperasi dengan mempertahankan kedisiplinan pengelolaan beban usaha, seiring beralihnya pilihan layanan kami untuk melayani pasar lebih luas," ucapnya. 

Sementara itu, Direktur Keuangan GOTO Jacky Lo menuturkan GOTO telah mencapai kemajuan dalam metrik profitabilitas utama selama enam kuartal berturut-turut, seiring dengan pengurangan insentif dan program pemasaran produk yang tidak produktif, sambil tetap fokus pada konsumen yang menguntungkan. 

"Pendapatan meningkat dibanding tahun sebelumnya sebagai hasil dari meningkatnya monetisasi di seluruh lini bisnis kami, dengan take rate Grup mencapai 4,1 persen, atau meningkat 40 bps dari tahun sebelumnya," tutur Jacky. 

Dia melanjutkan, GOTO terus mengelola beban usaha secara disiplin sesuai dengan tujuan untuk mencapai EBITDA yang disesuaikan positif dalam kuartal keempat tahun ini. 

"Didorong pergerakan yang lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya, kami juga memperbarui pedoman EBITDA Grup yang disesuaikan untuk tahun 2023 menjadi antara Rp-4,5 triliun dan Rp-3,8 triliun," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper