Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banyak Smartphone Anyar Dirilis, Erajaya (ERAA) Bidik Pendapatan Lebih Besar dari Semester II/2023

PT Erajaya Swasembada Tbk. (ERAA) membidik kontribusi pendapatan yang lebih besar dari semester II/2023 seiring dengan potensi hadirnya produk smartphone anyar.
Karyawan beraktivitas di salah satu gerai Erafone milik PT Erajaya Swasembada Tbk. (ERAA) di Jakarta, Rabu (5/1/2021). Bisnis/Suselo Jati
Karyawan beraktivitas di salah satu gerai Erafone milik PT Erajaya Swasembada Tbk. (ERAA) di Jakarta, Rabu (5/1/2021). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten ritel PT Erajaya Swasembada Tbk. (ERAA) membidik kontribusi pendapatan yang lebih besar dari semester II/2023 seiring dengan potensi hadirnya produk-produk baru dari sejumlah merek telepon seluler terkemuka. Semester II/2023 juga diramaikan dengan perayaan ulang tahun ke-27 perusahaan yang bertajuk Eraversary 2023.

Meskipun penjualan industri ritel cenderung lebih landai pada semester II/2023, Wakil Direktur Utama Erajaya Joy Wahjudi mengemukakan hal berbeda terjadi di ritel elektronik. Perusahaan prinsipal umumnya merilis produk anyar pada paruh kedua dan fenomena ini menjadi salah satu katalis penjualan.

“Di industri kita justru di semester kedua lebih besar daripada semester pertama karena siklusnya demikian. Misalnya Samsung baru saja merilis Flip 5 dan Fold 5, begitu pula Oppo. Kemudian September biasanya ada Apple,” kata Joy dalam konferensi pers Eraversary 2023, Senin (14/8/2023).

Penjualan ERAA pada paruh pertama 2023 mencapai Rp28,89 triliun. Capaian itu meningkat 23,49 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022 sebesar Rp23,39 triliun.

Segmen telepon seluler dan tablet yang merupakan kontributor utama mencetak penjualan neto sebelum dikurangi eliminasi sebesar Rp49,19 triliun atau naik 51 persen year on year (YoY) daripada semester I/2022 sebesar Rp32,57 triliun.

Penjualan pada paruh pertama 2022 tercatat diungguli oleh performa paruh kedua. Sebagaimana disampaikan Joy, kontribusi semester II/2022 yang mencapai Rp26,08 triliun melampaui capaian semester sebelumnya.

Optimisme ERAA menghadapi semester kedua tahun ini turut disertai oleh ekspansi gerai fisik yang berlanjut. Joy mengatakan Erajaya Group telah mengoperasikan sekitar 2.000 gerai di berbagai lini bisnis dan berencana terus memperluas jangkauan ke berbagai daerah.

“Strategi omnichannel yang kami jalankan sejatinya tetap membutuhkan gerai fisik yang memadai. Kalau kami tidak memiliki toko offline yang memadai, jangkauan penjualan bisa tidak terpenuhi,” kata dia.

Peningkatan jangkauan ke pelanggan juga menjadi salah satu alasan ERAA menggelar Eraversary 2023. Melalui perayaan yang berlangsung pada 14 Agustus—1 Oktober 2023 ini, Erajaya menawarkan promo dan puluhan ribu hadiah menarik bagi pelanggan seperti voucher, perangkat smart home, video game console, dan smartphone dengan total nilai mencapai Rp2,7 miliar.

“Selain apresiasi kepada pelanggan, Eraversary juga menjadi ajang untuk memperkenalkan jaringan ritel di bawah Erajaya Group yang cukup luas dan berbeda-beda kategorinya,” kata Deputy CEO Erajaya Active Lifestyle Andre Tanudjaja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper