Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Bisa Tembus 7.100 Awal Agustus 2023, Pasar Soroti Laba BBRI

IHSG diprediksi bisa menembus resistance 7.100 dalam dua pekan awal Agustus 2023 dengan beberapa katalis positif, termasuk laporan keuangan BBRI.
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (26/7/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (26/7/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi dapat menembus level 7.100 dalam dua pekan ke depan salah satunya bakal ditopang oleh laporan keuangan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI)

Financial Expert Ajaib Sekuritas Ratih Mustikoningsih menyebutkan pergerakan IHSG akan dapat menembus resistance 7.100 dalam dua minggu awal Agustus karena beberapa katalis positif ikut mendorong gerak IHSG tersebut. 

“IHSG pekan depan akan memiliki beberapa katalis salah satunya rilis laporan keuangan big banks yaitu BBRI dan BMRI, terutama BBRI yang terlihat dalam 5 bulan pertama terlihat kenaikan di sisi earnings bottom linenya,” jelasnya, dikutip Minggu (30/7/2023). 

Secara jangka pendek, IHSG disebut bisa menyentuh 7.100 pada pekan depan jika dapat menembus area 7.000 terlebih dahulu karena diharapkan laporan keuangan BBRI semester I/2023 akan menopang IHSG yang cenderung sideways pekan lalu. 

Adapun beberapa katalis positif untuk pergerakan IHSG pekan depan didominasi oleh katalis dalam negeri yaitu adanya rilis Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Indonesia sebesar 127,1 pada Juni 2023 dari level tertinggi selama 12 bulan ke belakang. 

Sementara itu, ada katalis dari surplus neraca perdagangan Indonesia sebesar US$3,46 miliar pada Juni 2023 lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang tercatat sebesar US$0,44 miliar. Selanjutnya level inflasi tahunan pada Juni 2023 yaitu 3,52 persen yang sesuai dengan target Bank Indonesia sebesar 2 persen hingga 4 persen. 

Kemudian ada katalis positif yang akan menggerakkan sektor basic materials yang datang dari angka Penanaman Modal Asing (PMA) dalam investasi langsung sepanjang semester I/2023 tercatat sebesar Rp363,3 triliun atau tumbuh 17 persen. 

Sementara itu katalis yang memungkinkan menekan gerak IHSG berasal dari katalis suku bunga global dan Bank Indonesia. Sebelumnya Bank Indonesia memutuskan untuk menahan suku bunga acuan di level 5,75 persen. Adapun The Fed justru bersikap hawkish dengan menaikkan suku bunga 25 bps lagi dan diproyeksikan akan kembali menaikkan 25 bps pada September mendatang. 

Katalis negatif juga datang dari Bank Central Eropa (ECB) yang menaikkan suku bunga sebesar 25 bps menjadi 3,75 persen. 

Meski demikian, Ratih menjelaskan penguatan tersebut bersifat jangka pendek yaitu selama dua minggu awal Agustus saja, sisanya IHSG diprediksi berbalik melemah. Hal tersebut disebabkan oleh sentimen kebijakan The Fed yang dirilis pada September mendatang. 

Sebelumnya IHSG ditutup menguat tipis pada Jumat (28/7/2023) ke level 6.900 atau naik 0,05 persen. Indeks komposit berhasil menguat di menit-menit terakhir perdagangan setelah sepanjang hari bergerak di level 6.904,10 hingga 6.857,36. 

Sebanyak 196 saham menguat, 324 saham melemah dan 221 saham stagnan. Nilai transaksi harian tercatat sebesar Rp9,87 triliun dengan kapitalisasi pasar tercatat sebesar Rp10.055,82 triliun. 

Secara year-to-date data perdagangan 27 Juni, sektor yang paling perkasa adalah IDXTrans yang mampu naik 16,49 persen, disusul oleh sektor konsumer siklikal yang naik 9,58 persen. Sementara itu indeks yang paling boncos masih dipegang oleh sektor energi yang anjlok 14,28 persen dan sektor basic materials sebesar 12,34 persen. 

Sepanjang Agustus, Ratih menjelaskan sektor yang masih menarik untuk dicermati yaitu sektor konsumer baik siklikal maupun nonsiklikal, finace dan basic materials seperti indutri kertas dan semen. 

Ajaib Sekuritas merekomendasikan saham SMGR, ACES, INKP dan BBRI sepanjang Agustus, dengan rincian:

  • (Buy) SMGR di area Rp6.750 dengan target harga pada resistance di level Rp7.000 serta pertimbangkan cut loss apabila break support di level harga Rp6.500.
  • (Buy) ACES target harga pada resistance di level Rp830 serta pertimbangkan sementara support di level harga Rp690 dan Rp650. 
  • (Buy) INKP target harga pada resistance di level Rp9.800 serta pertimbangkan sementara support di level harga Rp8.675 dan Rp8.500. 
  • (Buy) BBRI di area Rp5.700 dengan target harga pada resistance di level Rp5.850 serta pertimbangkan cut loss apabila break support di level harga Rp5.500. 

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper