Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waskita (WSKT) Keluar, Intip Prospek & Rekomendasi Saham IDX BUMN 20

IDX BUMN 20 ke depan masih mengandalkan saham-saham perbankan, sekalipun saham JKON masuk menggantikan Waskita (WSKT).
Karyawan beraktivitas disekitar logo PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT), Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Abdurachman
Karyawan beraktivitas disekitar logo PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT), Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa Efek Indonesia telah melakukan evaluasi indeks saham BUMN pilihan, yakni IDX BUMN 20 dengan memasukan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. (JKON) ke dalam daftar, dan mendepak saham PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT).

Terkait dengan perubahan mayor tersebut, Kepala Riset Praus Capital Alfred Nainggolan menuturkan IDX BUMN 20 ke depan masih mengandalkan saham-saham perbankan, seperti BBRI, BMRI, BBNI, dan BBTN, serta saham lainnya yakni TLKM serta PGAS.

“Meskipun saham BBRI dan BMRI bobot terbesar di indeks BUMN 20, penguatannya sudah terbatas,” ujar Alfred kepada Bisnis, dikutip Minggu (30/7/2023).

Menurutnya, sentimen terbesar untuk IDX BUMN 20 masih berasal dari situasi makro ekonomi, tepatnya setelah periode berakhirnya kenaikan suku bunga acuan dalam negeri dan dimulainya penurunan suku bunga global, yang diproyeksikan terjadi pada kuartal IV/2023.

Alfred menyampaikan kondisi makro Indonesia saat ini sudah sangat baik, sehingga kondisi tersebut semakin mendorong minat investor khususnya asing. Selain itu, sejumlah bank sentral global juga mulai melakukan penurunan suku bunga.

“Untuk sentimen negatif, kami lihat cukup minim, hanya tahun Pemilu yang kami perkirakan bisa menjadi potensi investor melakukan wait and see dan sentimen potensi faktor ‘politis’ yang melekat pada emiten BUMN, seperti kebijakan dari kementerian dan pemerintah,” tuturnya.

Dengan demikian, Alfred menyatakan bahwa secara fundamental atau performa, emiten BUMN perbankan, telekomunikasi, dan PGAS memiliki prospek yang baik pada 2023 serta 2024.

Dia pun merekomendasikan saham BBNI dengan target harga Rp10.400, diikuti saham PT Bank BBTN sebesar Rp1.600 per lembar, dan saham PGAS senilai Rp1.700. Adapun saham TLKM memiliki target harga Rp4.150 dan saham ANTM sebesar Rp2.220.

Pada penutupan perdagangan Jumat (28/7/2023), IHSG berada di level 6.900,23 atau menguat tipis 0,05 persen dari hari sebelumnya. Sementara itu, IDX BUMN 20 berada di level 406,37 dengan kenaikan sepanjang tahun berjalan mencapai 0,59 persen.

Berikut daftar saham IDX BUMN 20 terbaru:

  1. ADHI
  2. AGRO
  3. ANTM
  4. BBNI
  5. BBRI
  6. BBTN
  7. BJBR
  8. BMRI
  9. BRIS
  10. ELSA
  11. JKON [baru]
  12. JSMR
  13. MTEL
  14. PGAS
  15. PTBA
  16. PTPP
  17. SMGR
  18. TINS
  19. TLKM
  20. WIKA

 

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper