Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prodia (PRDA) Bawa Pulang Penghargaan Bisnis Indonesia Award 2023

PRDA dinobatkan sebagai perusahaan terbaik untuk kategori Peralatan & Perlengkapan & Penyedia Jasa Kesehatan dalam Bisnis Indonesia Award 2023.
Petugas mengambil sampel di laboratorium Prodia/Dok. Prodia
Petugas mengambil sampel di laboratorium Prodia/Dok. Prodia

Bisnis.com, JAKARTA — Pengelola jaringan klinik Prodia PT Prodia Widyahusada Tbk. (PRDA) berhasil menyabet penghargaan dalam ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023 pada hari ini, Rabu (31/5/2023).

PRDA dinobatkan sebagai perusahaan terbaik untuk kategori Peralatan & Perlengkapan & Penyedia Jasa Kesehatan. PRDA mengungguli empat kandidat lainnya yakni PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA), PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), PT Bundamedik Tbk. (BMHS), dan PT Itama Ranoraya Tbk. (IRRA).

PRDA menutup kuartal I/2023 dengan pendapatan sebesar Rp517,8 miliar. Capaian itu turun 6,8 persen dibandingkan dengan kuartal I/2022 yang mencapai Rp556,07 miliar.

Sejalan dengan turunnya pendapatan, laba tahun berjalan PRDA juga terkoreksi 32,15 persen secara tahunan dari Rp105,2 miliar menjadi Rp71,4 miliar.

Di sisi lain, kas dan setara kas Prodia naik 69,4 persen menjadi Rp856,9 miliar dibandingkan dengan posisi pada tahun lalu, meskipun pendapatan dan laba mengalami koreksi. Hal ini diharapkan dapat menjadi modal perseroan untuk menggenjot kinerja di kuartal selanjutnya.

Kinerja kuartal I/2023 ditunjang oleh pendapatan segmen B2B (business-to-business) serta digital channel Prodia. Kenaikan pendapatan dari rujukan eksternal untuk pemeriksaan preventif seperti rujukan rumah sakit, asuransi, dan BPJS juga cukup tinggi di atas 16 persen secara tahunan.

Adapun, kontraksi pada segmen B2C (business-to-customer) diperkirakan akan mereda pada kuartal berikutnya seiring dengan berakhirnya bulan Ramadan diikuti dengan tunjangan promosi-promosi menarik bertepatan dengan HUT-50 Prodia. Di sisi lain, layanan Home Service Prodia makin positif dengan kontribusi sebesar hampir 11 persen dari pendapatan.

Permintaan pelayanan melalui digital channel juga naik hampir 40 persen year-on-year (YoY) sehingga berkontribusi 16,8 persen terhadap total pendapatan PRDA.

Bisnis Indonesia Award merupakan apresiasi Bisnis Indonesia kepada dunia usaha yang mampu menjaga pertumbuhan positif, terutama saat pandemi Covid-19 melanda 3 tahun lalu.

Pandemi dalam tiga tahun terakhir menciptakan kondisi yang tak mudah bagi perusahaan untuk bertahan dan berakselerasi. Oleh karena itu, dengan mengusung tema Bertumbuh di Era Baru, Bisnis Indonesia ingin memberikan penghargaan kepada dunia usaha yang mampu menjaga pertumbuhan positif selama periode 3 tahun.

Perusahaan penerima penghargaan Bisnis Indonesia Award 2023 dipilih berdasarkan penilaian Dewan Juri yang terdiri dari Prof. Wimboh Santoso, SE., M.Sc. Ph.D., Ketua Dewan Komisioner OJK 2017-2022; Prof. Mardiasmo, M.B.A., Ph.D., Wakil Menteri Keuangan 2014-2019; Lulu Terianto, Presiden Direktur PT Jurnalindo Aksara Grafika; Rivan Kurniawan, Direktur PT Indovesta Utama Mandiri; dan Doni Firdaus, Direktur PT Bahana TCW Investment Management.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper