Presdir Astra Otoparts Hamdhani Dzulkarnaen Salim Sabet Best CEO di Bisnis Indonesia Award 2023

Presiden Direktur & CEO Astra Otoparts Hamdhani Dzulkarnaen Salim meraih penghargaan sebagai Best CEO dalam ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023.
Direkstur AUTO Heru Harsana yang mewakili Presiden Direktur & CEO PT Astra Otoparts Tbk Hamdhani Dzulkarnaen Salim dalam acara Bisnis Indonesia Award 2023 pada Rabu (31/5/2023).
Direkstur AUTO Heru Harsana yang mewakili Presiden Direktur & CEO PT Astra Otoparts Tbk Hamdhani Dzulkarnaen Salim dalam acara Bisnis Indonesia Award 2023 pada Rabu (31/5/2023).

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Direktur & CEO PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO) Hamdhani Dzulkarnaen Salim meraih penghargaan sebagai Best CEO dalam ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023. 

Bisnis Indonesia Award (BIA) merupakan bentuk penghargaan dari Bisnis Indonesia Group terhadap para pelaku bisnis di Indonesia, terutama korporasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dan perusahaan finansial yang memiliki kinerja cemerlang.

"Penghargaan ini sunguh memberikan semangat kepada kami untuk terus berinovasi dan mencapai yang terbaik," ucap Direktur AUTO Heru Harsana yang mewakili Hamdhani, Rabu (31/5/2023).

Hamdhani berhalangan hadir secara langsung lantaran tengah mengikuti rapat pemegang saham salah satu joint venture AUTO yang diselenggarakan secara luring. Adapun Hamdhani merupakan presiden komisaris dalam joint venture tersebut. 

Hamdhani Dzulkarnaen Salim merupakan warga negara Indonesia (WNI) lulusan Sarjana Teknik Mesin dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1988. Kemudian dia mendapatkan gelar Magister Manajemen dari Universitas Indonesia pada 1998.

Hamdhani memulai karirnya di grup Astra pada tahun 1989 di PT Honda Astra Engine Manufacturing, sebelum mulai menjabat sebagai Presiden Direktur PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO).

Hamdhani pertama kali menjabat sebagai Presiden Direktur Astra Otoparts pada 1 Oktober 2013. Astra Otoparts sendiri merupakan perusahaan komponen otomotif, anak usaha PT Astra International Tbk. (ASII).

Pengangkatan Hamdhani sebagai Presiden Direktur AUTO diputuskan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) AUTO 2013 yang sepakat merombak susunan anggota dewan direksi dan komisaris. 

Sebelum diangkat menjadi Presiden Direktur, Hamdhani menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur AUTO. Kemudian, Hamdhani menggantikan posisi Presiden Direktur AUTO sebelumnya, yakni Siswanto Prawiroatmodjo yang masa jabatannya telah selesai.

Kiprah Hamdhani dalam industri otomotif juga tercermin dalam organisasi di luar perusahaan. Dia diamanahi sebagai Ketua Umum Gabungan Industri Alat-Alat Mobil (GIAAM) pada periode 2014-2018. Kemudian terpilih lagi menjadi Ketua Umum GIAMM periode 2018-2022.

Selain menjabat sebagai Presiden Direktur AUTO, Hamdhani juga menjabat sebagai Presiden Komisaris di beberapa perusahaan, seperti PT Denso Indonesia, PT Astra Daido Steel Indonesia, PT GS Battery, PT Akebono Brake Astra Indonesia, PT Aisin Indonesia, PT SKF Indonesia, PT AT Indonesia, dan PT Kayaba Indonesia.

Tak hanya itu, Hamdhani juga menjadi Wakil Presiden Komisaris di PT Gemala Kempa Daya, PT Inti Ganda Perdana, PT Pakoakuina, serta Komisaris PT Wahana Eka Paramitra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper