Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra International (ASII) Raih Penghargaan Bisnis Indonesia Award 2023

Emiten konglomerasi, PT Astra International Tbk. (ASII) meraih penghargaan dalam ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023 yang digelar di Hotel JW Mariott.
Suasana saat berlangsungnya acara Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023 di Jakarta, Rabu (31/5/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Suasana saat berlangsungnya acara Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023 di Jakarta, Rabu (31/5/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten konglomerasi, PT Astra International Tbk. (ASII) meraih penghargaan dalam ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023 yang digelar di Hotel JW Mariott Jakarta Pusat pada Rabu, (31/5/2023).

Emiten berkode saham ASII ini menyabet gelar emiten terbaik di kategori Perusahaan Holding Multi Sektor. ASII bersaing dengan dua emiten lainnya yang masuk nominasi kategori tersebut yakni PT MNC Asia Holding Tbk. (BHIT) dan PT Global Mediacomm Tbk. (BMTR).

Ditinjau secara kinerja keuangan, ASII membukukan pendapatan bersih sebesar Rp82,89 triliun sepanjang kuartal I/2023. Capaian pendapatan ASII meningkat 15 persen secara year-on-year (yoy) dibandingkan dengan periode tiga bulan pertama 2022 sebesar Rp71,87 triliun.

Alhasil, ASII mencetak laba bersih yang belum disesuaikan dengan nilai wajar investasi GOTO sebesar Rp8,60 triliun dalam kurun Januari—Maret 2023, naik 25 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022 sebesar Rp6,85 triliun.

Jika menyertakan penyesuaian nilai wajar investasi di GOTO, maka laba bersih per 31 Maret 2023 berjumlah Rp8,71 triliun atau naik 27 persen secara tahunan. 

Berdasarkan segmen bisnis, laba bersih ASII dari infrastruktur dan logistik mengalami kenaikan tertinggi, yaitu sebesar 71 persen yoy menjadi Rp202 miliar pada kuartal I/2023 dibanding periode sebelumnya sebesar Rp118 miliar. Sementara itu laba dari sektor agribisnis tercatat turun 54 persen yoy dari Rp385 miliar menjadi Rp179 miliar.

Adapun jika dilihat secara nilai, laba bersih ASII dari segmen alat berat, konstruksi, dan energi menjadi kontributor terbesar dengan nilai Rp3,27 triliun atau naik 27 persen yoy dari Rp2,58 triliun di periode yang sama pada 2022. Sumbangan jumbo lainnya datang dari bisnis otomotif yang mencetak laba bersih Rp3,02 triliun atau naik 36 persen yoy.

Sebagai informasi, Bisnis Indonesia Award (BIA) merupakan bentuk penghargaan dari Bisnis Indonesia Group terhadap para pelaku bisnis di Indonesia, terutama korporasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dan perusahaan finansial yang memiliki kinerja cemerlang.

Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023 merupakan kegiatan tahunan dari Bisnis Indonesia Group yang telah masuk tahun ke-21 semenjak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2002 silam.

Tema dalam Bisnis Indonesia Award kali ini adalah "Bertumbuh di Era Baru", untuk memberi apresiasi kepada dunia usaha yang mampu menjaga pertumbuhan positif selama periode tiga tahun dengan senantiasa aktif dalam mencari peluang agar dapat meningkatkan kinerja perusahaannya selama pandemi Covid-19 dan siap menyongsong era baru pasca-pandemi.

Penghargaan Bisnis Indonesia Award 2023 diberikan kepada berbagai perusahaan di 29 sektor industri, 7 sektor perbankan, dan sekuritas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper