Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Belum Lepas dari Tekanan, Rekomendasi Saham SMGR, CPIN, hingga BBCA

IHSG berisiko terkoreksi pada awal pekan, tetapi saham UNVR, SMGR, INTP, TBIG, TOWR, BRIS, JPFA, dan CPIN bisa jadi pilihan.
IHSG berisiko terkoreksi pada awal pekan, tetapi saham UNVR, SMGR, INTP, TBIG, TOWR, BRIS, JPFA, dan CPIN bisa jadi pilihan. Bisnis/Himawan L Nugraha
IHSG berisiko terkoreksi pada awal pekan, tetapi saham UNVR, SMGR, INTP, TBIG, TOWR, BRIS, JPFA, dan CPIN bisa jadi pilihan. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi melanjutkan tren pelemahan pada perdagangan awal pekan Senin (28/5/2023). Beberapa saham yang menjadi pilihan para analis besok adalah SMGR, JPFA, CPIN, BBRI, BBCA, dan INDF.

Tim riset Phintraco Sekuritas mengatakan IHSG berpotensi kembali ditutup melemah pasca mengalami koreksi 0,25 persen ke level 6.687 pada perdagangan akhir pekan lalu, Jumat (26/5/2023). Adapun IHSG berpotensi kembali terkoreksi pasca breaklow level psikologis 6.700 pada perdagangan akhir pekan lalu.

“Stochastic RSI cenderung bergerak turun, sejalan dengan terbentuk death cross di MACD. Oleh sebab itu, waspadai pelemahan lanjutan ke support area 6.640-6.660 di Senin,” tulis tim riset Phintraco Sekuritas dikutip Minggu (28/5/2023).

Pelemahan IHSG masih dibayangi oleh penurunan pertumbuhan pinjaman Sektor Perbankan Indonesia (SPI) menjadi  8,08 persen secara year-on-year (YoY) per April 2023. Selain itu, Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga acuan di 5,75 persen.

Meski demikian, risiko dari kenaikan suku bunga acuan The Fed masih cukup besar meski suku bunga acuan dari BI masih jauh berada di atas inflasi. 

Dari sisi eksternal, pelaku pasar disebut masih memperhatikan perkembangan kesepakatan debt ceiling di Amerika Serikat (AS). Pelaku pasar khawatir akan potensi gagal bayar atau default bila kesepakatan belum tercapai hingga 1 Juni 2023.

Sementara itu, China akan merilis data NBS Manufacturing PMI pada Rabu (31/5/2023), sedangkan AS akan merilis data ISM Manufacturing PMI 1 Juni 2023.

Beberapa saham yang menjadi pilihan Phintraco Sekuritas untuk besok adalah UNVR, SMGR, INTP, TBIG, TOWR, BRIS, JPFA dan CPIN.

Sementara itu, CEO PT Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan IHSG akan diwarnai oleh fluktuasi dari nilai tukar rupiah hingga harga komoditas. Sementara rentang pergerakan IHSG berada dalam rentang konsolidasi wajar.

Adapun support level dari IHSG dinilai masih cukup kuat untuk dipertahankan sehingga potensi kenaikan juga masih terbuka lebar secara jangka pendek.

“Tercatatnya capital inflow secara ytd juga dapat menjadi penunjang bagi pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang,” ujar William dalam riset dikutip Minggu (28/5/2023).

IHSG diperkirakan bergerak pada rentang 6.636-6.789 untuk perdagangan besok. Beberapa saham yang menjadi pilihan adalah BBRI, BBCA, INDF, TLKM, ASII, SMRA, dan TBIG.

===

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper