Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menilik Jejak Industri Hijau Indika Energy (INDY)

Indika Energy (INDY) terus melebarkan sayap ke bisnis hijau dengan membangun sejumlah perusahaan baru yang bergerak di industri kendaraan listrik.
PT Indika Energy Tbk. (INDY) terus melebarkan sayap ke bisnis hijau dengan membangun sejumlah perusahaan baru yang bergerak di industri kendaraan listrik. /Indika
PT Indika Energy Tbk. (INDY) terus melebarkan sayap ke bisnis hijau dengan membangun sejumlah perusahaan baru yang bergerak di industri kendaraan listrik. /Indika

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam rangka mengimbangi separuh porsi pendapatan dari segmen non-batu bara, PT Indika Energy Tbk. (INDY) terus melebarkan sayapnya pada industri hijau dengan kembali mendirikan anak usaha yang bergerak di bidang kendaraan listrik. 

Emiten bersandi INDY ini baru saja mendirikan perusahaan bernama PT Kalista Nusa Armada yang bergerak di bidang penyewaan dan perdagangan kendaraan listrik yang didirikan oleh dua anak usahanya melalui PT Solusi Mobilitas Indonesia (SMI) dan PT Indika Energy Infrastructure (IEI).

Sekretaris Perusahaan Indika Energy Adi Pramono mengatakan perseroan resmi mendirikan Kalista Nusantara Armada (KNA) dengan SMI mengendalikan 99,99 persen saham KNA, dan sisanya dipegang IEI. 

“Penyertaan saham SMI dan IEI dalam KNA merupakan kelanjutan langkah INDY secara grup untuk melakukan ekspansi usaha di sektor kendaraan listrik, khususnya di pasar business-to-business di Indonesia,” kata Adi dalam keterangannya, Selasa (16/5/2023). 

Rencananya, KNA akan melakukan kegiatan usaha penyewaan kendaraan listrik roda dua, roda empat atau lebih, perdagangan sepeda motor baru, bekas, suku cadang dan aksesorinya, serta pengoperasian instalasi penyediaan tenaga listrik.

Sebelumnya, INDY sudah giat membentuk sejumlah perusahaan yang akan bergerak di bidang kendaraan listrik. Pada 5 April 2021 lalu Indika membentuk perusahaan bernama PT Electra Mobilitas Indonesia (EMI) dengan total nilai investasi Rp 40 miliar. Pada perusahaan tersebut, PT Indika Energy Tbk. mengucukan dana sebesar Rp39,99 miliar dan PT Indika Energy Infrastructure sebesar Rp1 juta.

Selanjutnya, pada Maret 2022, perseroan bersama-sama anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya, yakni PT Indika Energy Infrastructure juga mendirikan perusahaan dengan nama PT Solusi Mobilitas Indonesia (SMI) untuk melakukan kegiatan industri, perdagangan sepeda motor roda dua beserta suku cadang, serta dan melakukan jasa konsultasi manajemen. 

Kemudian, pada Juni 2022 Perseroan mendirikan perusahaan bernama PT Mitra Motor Group (MMG) hasil kolaborasi antara PT Indika Energy Infrastructure (IEI) dan PT Solusi Mobilitas Indonesia (SMI) yang begerak di bidang industri kendaraan bermotor reoda empat atau lebih untuk melakukan perdagangan mobil dan suku cadang,  pengoperasioan instalasi dan penyediaan listrik, serta jasa konsultasi dan manajemen. 

Dilanjutkan pada 22 September 2022, perseroan melalui anak usaha perseroan yaitu PT Mitra Motor Group (MMG) mendirikan perusahaan patungan bersama Foxteq Singapore Pte Ltd. bernama PT Foxconn Indika Motor (FIM) seiring dengan inisiasi bisnis hijau yang didirikna bersama PT Empat Mitra Indika Tenaga Surya (EMITS).

INDY membuat usaha patungan bersama dengan Fourth Partner Energy (4PEL) asal India untuk menyediakan platform solusi energi terbarukan satu atap untuk sektor komersial dan industri di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper