Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erick Thohir Bakal Pangkas BUMN Karya, Sejumlah Emiten Terdampak

Menteri BUMN Erick Thohir bakal memangkas jumlah BUMN karya dari 9 perusahaaan menjadi 4 perusahaan.
Menteri BUMN Erick Thohir bakal memangkas jumlah BUMN karya dari 9 perusahaaan menjadi 4 perusahaan. Bisnis-Mutiara Nabila
Menteri BUMN Erick Thohir bakal memangkas jumlah BUMN karya dari 9 perusahaaan menjadi 4 perusahaan. Bisnis-Mutiara Nabila

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir berencana memangkas jumlah perusahaan BUMN Karya dari total 9 perusahaan menjadi 4 perusahaan sesuai rencana konsolidasi. 

Erick Thohir mengatakan di tengah adanya masalah hukum yang tengah dihadapi salah satu BUMN Karya, yakni PT Waskita Karya Tbk. (WSKT), Kementerian BUMN masih terus melanjutkan konsolidasi dan memangkas jumlah perusahaan agar lebih fokus melaksanakan penugasan. 

"Kementerian BUMN akan terus melanjutkan konsolidasi sesuai dengan Buku Biru kita yang dibuat dua tahun lalu. Kita sudah review sebaiknya karya-karya ini dari 9 jadi 4. Jadi jelas, BUMN sebaiknya ada empat ekspertis di gedung saja, jalan saja, dan lainnya, jadi nggak palugada," katanya dalam Ramah Tamah dengan Media di Jakarta, Rabu (3/5/2023).

Adapun, harapannya dengan konsolidasi yang dilakukan tidak sampai menghambat pembangunan terlebih bagi perusahaan yang sedang mengikuti berbagai tender.

"Untuk karya-karya nanti kita mau coba konsolidasikan HK [Hutama Karya] dengan Waskita kalau enggak salah, lalu PP (PTPP)dengan WIKA [PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.] supaya konsolidasi keuangannya bukunya lebih sehat, ADHI [PT Adhi Karya Tbk.]ada juga nanti lebih detailnya," jelasnya.

Pemangkasan jumkah BUMN karya ini juga tengah dibahas bersama kemungkinan Penerimaan Modal Negara (PMN) untuk memperbaiki kas Perusahaan yang masih 'sakit', sehingga ada kemungkinan, konsolidasi BUMN karya akan dilaksanakan dengan skema yang kecil dimerger, dan yang besar-besar jadi kepemilikan berupa injeksi modal.

"Konsolidasi ini pasti terjadi, tapi belum jadi keputusan," tegasnya. 

Dengan melakukan konsolidasi BUMN Karya, perusahaan BUMN bisa fokus bekerja sesuai dengan tugas dan penugasannya, serta diharapkan tidak membuat anak usaha yang tidak sesuai keahlian. 

"Kalau bikin nggak sesuai keahliannya, alhamdulillah kalau hasilnya bagus ahlinya. Tapi yang sudah-sudah beberapa hasilnya nggak maksimal. Makanya, BUMN karya ini harus dibereskan juga isu-isu lama," katanya. 

Saat ini, Erick menegaskan dengan adanya konsolidasi, kinerja BUMN karya sudah jauh lebih sehat, meskipun belum benar-benar sehat, terbukti dari proyek yang terus berjalan, dan pembayaran sudah dimulai. 

"Intinya, BUMN karya makin sehat, tapi masih perlu waktu. Lihat PMN paling banyak ke karya. Apakah overall BUMN sakit ya enggak, masa sakit kasih dividen. Kalau sakit nggak mungkin kasih dividen. Tapi realita ada BUMN yang masih belum baik kondisinya, ya ada. Tapi kalau secara keseluruhan dari 41 jumlah yang sakit sudah kurang dari 10 persen," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper