Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Minyak Global Tersulut Penurunan Indeks Dolar AS

Harga minyak naik sekitar dua persen pada akhir perdagangan Rabu pagi WIB di tengah harapan bahwa Federal Reserve akan mengurangi pengetatan suku bunganya.
Anjungan minyak di Teluk Meksiko, AS/ Bloomberg
Anjungan minyak di Teluk Meksiko, AS/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Harga minyak naik sekitar dua persen pada akhir perdagangan Rabu pagi WIB di tengah harapan bahwa Federal Reserve akan mengurangi pengetatan suku bunganya.

Minyak berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei terangkat 2,24 persen, menjadi menetap di US$81,53 per barel di New York Mercantile Exchange.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Juni, menguat 1,70 persen, menjadi US$85,61 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, turun sekitar 0,4 persen pada Selasa (11/4), memberikan dukungan untuk harga aset-aset berdenominasi dolar AS.

Investor lebih optimis bahwa Federal Reserve AS semakin dekat untuk mengakhiri siklus kenaikan suku bunga, membuat minyak yang dihargai dalam dolar lebih murah bagi pembeli yang memegang mata uang lainnya.

Prospek Fed menaikkan suku bunga acuan hanya sekali lagi dan dalam kenaikan 25 basis poin merupakan titik awal yang berguna, tetapi jalur kebijakan bank sentral akan bergantung pada data yang masuk, Presiden Fed New York John Williams mengatakan pada Selasa (11/4).

Laporan inflasi AS yang akan dirilis pada Rabu waktu setempat diharapkan dapat membantu investor mengukur lintasan jangka pendek untuk suku bunga.

Minyak WTI mendapatkan momentum kenaikan karena para pedagang fokus pada mundurnya dolar AS, kata Vladimir Zernov, analis pemasok informasi pasar FX Empire, pada Selasa (11/4).

Persediaan minyak mentah komersial AS turun sekitar 1,3 juta barel dalam pekan yang berakhir 7 April, menurut survei oleh Reuters pada lima analis industri. Badan Informasi Energi AS (EIA) dijadwalkan akan merilis data persediaan minyak mingguannya pada Rabu.

Harga minyak mentah mempertahankan kenaikan sebelumnya setelah laporan prospek energi jangka pendek oleh EIA tidak mengandung guncangan produksi besar-besaran dan peningkatan permintaan yang stabil selama beberapa tahun ke depan, kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA.

Namun, data dari China menunjukkan inflasi konsumen pada Maret naik pada laju paling lambat sejak September 2021, menunjukkan pelemahan permintaan berlanjut dalam pemulihan ekonomi yang tidak merata.

Konsumsi bahan bakar cair global akan meningkat sebesar 1,4 juta barel per hari pada 2023 dan sebesar 1,8 juta barel per hari pada 2024, menurut laporan prospek energi jangka pendek terbaru yang dikeluarkan pada Selasa (11/4) . Prakiraan tidak berubah dari laporan bulanan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper