Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham Arsy Buana (HAJJ) Melambung 10 Persen saat Debut di BEI

Saham HAJJ sempat melonjak 6,43 persen, dan terus menguat hingga 10 persen pagi ini.
Arsy Buana Travelindo/Istimewa.
Arsy Buana Travelindo/Istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA - Saham PT Arsy Buana Travelindo Tbk. (HAJJ) menguat 6,43 persen ke posisi Rp149 di hari perdana pencatatan sahamnya di Bursa Efek Indonesia, Rabu (5/4/2023). 

Berdasarkan data RTI Business pukul 09.00 WIB, saham HAJJ melonjak 6,43 persen meski sebelumnya dibuka merah di posisi Rp130 per saham. Pada 09.31, saham HAJJ bahkan melejit 10 persen ke level Rp154. 

Direktur Utama Arsy Buana Travelindo Saipul Bahri mengatakan bahwa IPO HAJJ akan memperkuat dan memperluas jangkauan Arsy Buana Travelindo dengan meningkatkan investasi pada penyediaan akomodasi yang lebih variatif dengan harga kompetitif.

"Selama masa penawaran umum, berdasarkan sistem e-IPO, perseroan mencatatkan kelebihan permintaan (oversubscribed) sekitar 33,14 kali," katanya dalam keterangan resmi. 

Jumlah pemesan saham HAJJ adalah sebanyak 15.717 pihak yang tersebar dari 34 provinsi di Indonesia dan dari 5 mancanegara. Para pemesan didominasi oleh investor individu sebanyak 15.709 pihak sedangkan sisanya sebanyak 8 investor institusi. 

Selama periode penawaran saham perdana (IPO), HAJJ menawarkan sebanyak 687,10 juta saham atau sebanyak 29.998 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO, sehingga perseroan berhasil meraih dana IPO sebesar Rp96,194 miliar.

Adapun yang bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek adalah PT Surya Fajar Sekuritas.

HAJJ juga menerbitkan sebanyak 549.680.000 Waran Seri I yang menyertai saham baru atau sebanyak 34,28 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran. Waran ini diberikan cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru.

Setiap pemegang 5 saham baru, berhak mendapat 4 Waran Seri I, di mana setiap 1 Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru. 

Harga pelaksanaan waran yakni Rp 175 per saham sehingga total hasil pelaksanaan waran maksimal sebesar Rp 96,194 miliar. 

Pelaksanaan waran dapat dilakukan 6 bulan atau lebih sejak efek tersebut diterbitkan, yakni mulai 5 Oktober 2023 sampai dengan 3 April 2026.

Arsy Buana Travelindo adalah biro perjalanan wisata yang berdiri tahun 2016. Layanan yang diberikan antara lain kamar hotel, land arrangement dan tiket pesawat untuk ibadah haji dan umrah. Pada tahun 2020, Arsy Buana Travelindo diakuisisi oleh PT Madinah Iman Wisata dan bekerja sama dengan salah satu hotel di Arab Saudi, Fajr Badee dan dua maskapai penerbangan Etihad dan Citilink.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper