Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awal Pekan, Mata Uang Rupiah Dibuka Melemah Rp15.360 per Dolar AS

Mata uang rupiah dibuka melemah 0,10 persen ke level Rp15.360 per Dolar AS pada perdagangan awal pekan hari ini 920/3/2023).
Ilustrasi utang pemerintah Indonesia dalam mata uang rupiah dan dolar AS. JIBI/Himawan L Nugraha. rn
Ilustrasi utang pemerintah Indonesia dalam mata uang rupiah dan dolar AS. JIBI/Himawan L Nugraha. rn

Bisnis.com, JAKARTA – Mata uang rupiah dibuka melemah ke posisi Rp15.360 per dolar AS di awal pekan, Senin, (20/3/2023), sementara itu indeks dolar terpantau melemah 0,03 persen ke level 103,493. 

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah dibuka melemah 0,10 persen atau 15 poin ke posisi Rp15.360. Sementara itu, sejumlah mata uang asing terpantau bergerak bervariasi. 

Yen Jepang terpantau melemah 0,40 persen, dolar Taiwan melemah 0,06 persen, dan Won Korea melemah 0,24 persen. 

Sementara itu, mata uang yang terpantau menguat adalah Dolar Hong Kong sebesar 0,02 persen, Dolar Singapura 0,10 persen, Peso Filipina menguat 0,09 persen, Rupee India menguat 0,23 persen, Yuan China menguat 0,01 persen, Ringgit Malaysia menguat 0,29 persen dan Bath Thailand menguat 0,08 persen. 

Sebelumnya, Direktur PT Laba Forexindo berjangka Ibrahim Assuaibi memproyeksikan mata uang rupiah akan dibuka berfluktuatif namun ditutup menguat di rentang Rp15.330 hingga Rp15.400 dihadapan dolar AS

Ibrahim memaparkan Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi global 2023 diperkirakan lebih baik dari proyeksi sebelumnya. 

"Pertumbuhan dapat mencapai 2,6 persen sejalan dengan dampak positif pembukaan ekonomi Tiongkok dan penurunan disrupsi suplai global," katanya dalam riset harian, dikutip Senin (20/3/2023).

Sebagai informasi, pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) dan Eropa lebih baik dari proyeksi sebelumnya dan diikuti oleh risiko resesi yang menurun. Perbaikan prospek ekonomi global itu diperkirakan menaikkan harga komoditas non-energi di tengah harga minyak yang menurun akibat berkurangnya disrupsi suplai global.

Perkembangan positif ekonomi global itu dan ekspektasi kenaikan upah karena keketatan pasar tenaga kerja di AS dan Eropa mengakibatkan proses penurunan inflasi global khususnya di kedua belahan dunia itu berjalan lebih lambat sehingga mendorong kebijakan moneter ketat negara maju berlangsung lebih lama sepanjang 2023.

Pengetatan kebijakan moneter khususnya di negara maju tersebut ditambah munculnya kasus penutupan tiga bank di AS meningkatkan ketidakpastian pasar keuangan global yang kemudian menahan aliran modal ke negara berkembang dan meningkatkan tekanan pelemahan nilai tukar di berbagai negara

Tiga bank yang ditutup tersebut adalah Silicon Valley Bank (SVB), Silvergate Bank, dan Signature Bank. BI terus memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah guna memitigasi ketidakpastian pasar keuangan global tersebut termasuk dampak rambatan penutupan bank di AS terhadap pasar keuangan domestik dan nilai tukar rupiah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper