Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Koleksi Saham Boy Thohir di ESSA Bakal Naik Jadi 6,40 Persen

Setelah private placement, kepemilikan Garibaldi Thohir di ESSA bertambah dari 320 juta saham atau 2,04 persen, menjadi 1,10 miliar saham atau 6,40 persen.
Garibaldi Thohir, Presiden Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), di kediamannya di Jakarta, Indonesia. - Bloomberg/Muhammad Fadli
Garibaldi Thohir, Presiden Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), di kediamannya di Jakarta, Indonesia. - Bloomberg/Muhammad Fadli

Bisnis.com, JAKARTA – PT Surya Esa Perkasa Tbk. (ESSA) bakal meminta persetujuan pemegang saham untuk melakukan Penambahan Modal Tanpa Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) atau private placement sebanyak 1,56 miliar saham. Aksi ini akan meningkatkan kepemilikan saham Garibaldi 'Boy' Thohir, salah satu pemilik manfaat akhir ESSA.

Berdasarkan keterbukaan informasi, ESSA bakal menerbitkan saham baru maksimal 1,56 miliar saham, dengan nilai nominal Rp10 per saham atau dalam jumlah maksimal 10 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

“Dana yang diterima ESSA melalui private placement akan digunakan untuk meningkatkan investasi pada anak perusahaan, PT Panca Amara Utama [PAU],” kata Manajemen ESSA dalam keterbukaan informasi, Rabu (18/1/2023).

ESSA menjelaskan, sebelum rencana private placement dilakukan, tidak ada proses penambahan modal yang belum selesai jangka waktunya dalam ESSA.

Manajemen melanjutkan, pembayaran yang diterima dari private placement ini akan digunakan untuk meningkatkan investasi pada PAU. Peningkatan saham pada PAU ini akan dilakukan dengan membeli sebanyak 233.020 saham PAU yang dimiliki Chander Vinod Laroya dan Garibaldi Thohir.

Adapun, dari transaksi ini, pemegang saham ESSA dalam jangka pendek akan terkena risiko dilusi kepemilikan saham maksimal sebesar 9,09 persen dari persentase kepemilikan sebelum pelaksanaan penambahan modal.

Dalam aksi ini, ESSA akan menerbitkan 10 persen saham baru, masing-masing kepada Chander Vinod Laroya dan Garibaldi Thohir yang merupakan pemegang saham ESSA. Chander Vinod Laroya merupakan pemegang saham pengendali dan Presiden Direktur ESSA. Selain itu, Chander dan Garibaldi Thohir merupakan pemilik manfaat akhir ESSA.

Dengan private placement ini, jumlah kepemilikan saham Chander Vinod Laroya akan bertambah dari 2,03 miliar atau 13,02 persen saham, menjadi 2,82 miliar atau 16,38 persen saham. Sementara itu, kepemilikan Garibaldi Thohir di ESSA juga bertambah dari 320 juta saham atau 2,04 persen, menjadi 1,10 miliar saham atau 6,40 persen.

Lebih lanjut, ESSA menjelaskan PAU memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan ESSA, sehingga pembelian saham PAU merupakan kesempatan bagus bagi ESSA untuk menambah kepemilikan atas aset berpotensi tinggi. Hal tersebut juga dapat memberikan nilai tambahan kepada semua pemegang saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper