Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Barito Pacific Borong Saham 2 Proyek Star Energy Rp7,5 Triliun, Cek Rekomendasi Saham BRPT

Saham Barito Pacific (BRPT) naik 3,27 persen atau 25 poin menjadi Rp790, setelah kemarin mengumumkan penambahan saham di 2 proyek Star Energy.
Saham Barito Pacific (BRPT) naik 3,27 persen atau 25 poin menjadi Rp790, setelah kemarin mengumumkan penambahan saham di 2 proyek Star Energy. /JIBI-Rachman
Saham Barito Pacific (BRPT) naik 3,27 persen atau 25 poin menjadi Rp790, setelah kemarin mengumumkan penambahan saham di 2 proyek Star Energy. /JIBI-Rachman

Bisnis.com, JAKARTA – Saham PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) milik taipan Prajogo Pangestu semakin menarik seiring dengan penambahan saham aset Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) melalui Star Energy.

Pada perdagangan Selasa (3/1/2023) pukul 10.37 WIB, saham BRPT naik 3,27 persen atau 25 poin menjadi Rp790, dari perdagangan kemarin Rp765. Total transaksi mencapai Rp30,18 miliar, dengan kapitalisasi pasar Rp74,06 triliun.

Financial Expert Ajaib Sekuritas Chisty Maryani menyampaikan BRPT bergerak sideways dan membentuk Bullish harami candle, stochastic bergerak pada area oversold dan MACD dalam momentum positif.

BRPT menambah kepemilikan saham di Star Energy Geothermal Pte Ltd (SEGPL) sebanyak 30 persen dan 30,25 persen di saham Star Phoenix Geothermal (SPG). Penambahan kepemilikan ini mencerminkan fokus BRPT pada sektor energi baru terbarukan dan berpotensi menjadi perusahaan energi terdepan di Indonesia.

"Bisnis geothermal memiliki potensi pertumbuhan yang positif seiring meningkatnya ESG," jelasnya dalam publikasi riset.

Dia pun hari ini merekomendasikan beli saham BRPT dengan target Rp790, dan stop loss di bawah Rp750.

Sebelumnya, perusahaan asal Thailand, Electricity Generating Public Company Limited (EGCO Group) melepas sahamnya di anak usaha segmen geothermal BRPT, Star Energy Pte. Ltd. senilai Rp7,59 triliun.

Transaksi dilakukan mulai 16 November 2022 dan rampung pada 22 Desember 2022 dengan total nilai transaksi sebesar US$485 juta atau setara dengan Rp7,59 triliun.

Sebagai informasi, Barito Pacific menambah kepemilikannya atas aset operasional PLTP Wayang Windu, PLTP Salak dan PLTP Darajat dengan melakukan serangkaian transaksi yaitu pembelian 30 persen efektif kepemilikan saham di Star Energy Geothermal Pte. Ltd. (SEGPL), dan pembelian 30,25 persen saham di Star Phoenix Geothermal JV B.V. (SPG) pada Desember 2022 melalui anak usahanya yaitu Star Energy Grup Holdings Pte. Ltd. (SEGHPL).

Presiden Direktur Barito Pacific Agus Salim Pangestu mengatakan penambahan kepemilikan saham tersebut merupakan bagian dari Langkah BRPT untuk fokus pada sektor energi baru terbarukan (EBT) dan tujuam Indonesia menuju net zero emission.

“Langkah tersebut juga semakin mengukuhkan Barito Pacific sebagai salah satu perusahaan energi terdepan di Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi, Senin (2/1/2023).

Transaksi ini menjadikan kepemilikan efektif Barito Pacific atas aset operasional Wayang Windu meningkat dari 40 persen menjadi 60 persen. Sedangakan kepemilikan efektif atas aset operasional Salak dan Darajat meningkat dari 34.5 persen menjadi 50.7 persen.

Melalui investasinya di SEGPL dan SPG, Barito Pacific memiliki efektif kepemilikan di Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Ltd. (SEGWW) dan Star Energy Geothermal (Salak – Darajat) B.V. (SEGSD).

Sebagai infofrmasi, SEGWW memiliki dan mengoperasikan PLTG Wayang Windu dengan total kapasitas terpasang 227MW berlokasi di kabupaten Bandung, Jawa Barat.

SEGSD memiliki dan mengoperasikan PLTG Salak dan Darajat dengan total kapasitas terpasang 377MW dan 271MW berlokasi di kabupaten Sukabumi dan kabupaten Garut, Jawa Barat.

Sebagai latar belakang, Barito Pacific menjalankan investasi di sektor energi baru terbarukan melalui PT Barito Renewables yang memiliki 100 persen saham di SEGHPL

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper