Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Barito Pacific (BRPT) Dirikan Barito Renewable Energy, Inbreng Saham Rp19,46 Triliun

Barito Pacific (BRPT) membentuk Barito Renewable Energy sebagai induk yang membawahi seluruh entitas anak yang bergerak di sektor energi terbarukan.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 07 Desember 2022  |  21:09 WIB
Barito Pacific (BRPT) Dirikan Barito Renewable Energy, Inbreng Saham Rp19,46 Triliun
Wisma Barito Pacific, kantor pusat PT Barito Pacific Tbk. - barito/pacific.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten milik konglomerat Prajogo Pangestu PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) berencana melakukan transaksi inbreng untuk mengkonsolidasikan bisnis sektor energi terbarukan perseroan. Nilai dari transaksi ini mencapai Rp19,46 triliun

Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Barito Pacific menjelaskan saat ini perseroan secara langsung maupun tidak langsung memiliki 100 persen saham yang diterbitkan PT Barito Renewable Energy (BREN).

BRPT menyiapkan BREN sebagai entitas dalam negeri yang akan menaungi kepemilikan aset BRPT di sektor energi terbarukan.

BRPT menjelaskan, transaksi inbreng ini adalah untuk restrukturisasi internal pada grup BRPT, yang melibatkan BREN dan Star Energy Group Holdings Pte. Ltd. (SEGHPL) sebagai entitas anak BRPT, dan Green Era Energy Pte. Ltd (GE) yang merupakan afiliasi BRPT.

Manajemen melanjutkan, BRPT membentuk BREN sebagai induk yang membawahi seluruh entitas anak yang bergerak di sektor energi terbarukan.

Objek transaksi inbreng adalah seluruh saham milik BRPT dan GE dalam SEGHPL, yang masing-masing mewakili 66,7 persen atau sebanyak 12.975.872 saham, dan 33,3 persen atau sebanyak 6.487.936 saham dari seluruh saham yang diterbitkan SEGHPL, yang akan diinbrengkan secara keseluruhan ke dalam BREN sebagai penyetoran atas 19.463.808 saham baru yang akan diterbitkan oleh BREN.

"Transaksi inbreng ini akan dilakukan dengan nilai sebesar US$1,24 miliar, yang setara dengan Rp19,46 triliun menggunakan kurs Rp15.596 per dolar AS," tulis manajemen, Rabu (7/12/2022).

Adapun BRPT akan meminta persetujuan pemegang saham untuk transaksi ini, dengan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 13 Desember 2022.

Dengan pembentukan BREN, BRPT berharap dapat memperoleh kesempatan yang lebih luas untuk terus mengembangkan kegiatan di sektor energi terbarukan dalam negeri, baik dalam hal operasional maupun akses pendanaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

barito pacific energi terbarukan inbreng energi terbarukan
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top