Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laba Naik, Ini Bocoran Dividen Ace Hardware (ACES) Tahun Depan

Dividend payout ratio (DPR) yang dibayar ACES biasanya ditetapkan pada kisaran 50 persen.
Ilustrasi salah satu outlet Ace Hardware./aceharware.co.id
Ilustrasi salah satu outlet Ace Hardware./aceharware.co.id

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten ritel PT Ace Hardware Indonesia Tbk. (ACES) memberi sinyal akan kembali menyetor dividen kepada para investor untuk tahun buku 2022 pada tahun depan.

Presiden Direktur Ace Hardware Indonesia Prabowo Widyakrisnadi mengatakan dividend payout ratio (DPR) yang dibayar ACES biasanya ditetapkan di 50 persen. Namun, kebijakan dividen tetap akan mempertimbangkan keputusan dari rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST).

“Kami perlu menghitung dulu berapa kelayakan untuk membayarkannya. Namun secara umum kami akan memberikan dividen sesuai laba,” kata Prabowo dalam paparan publik, Kamis (15/12/2022).

Prabowo juga mengatakan pembagian dividen akan mempertimbangkan kondisi kas ACES dan rencana ekspansi ke depan. Perseroan juga akan mempertimbangkan kesiapan perusahaan dalam mengantisi situasi perekonomian ke depan.

“Kami sangat prudent [mempertimbangkan kondisi ke depan] soal ini. Namun secara kas kami merupakan salah satu perusahaan dengan kondisi sangat baik. Posisi net cash kami kalau tidak salah mencapai Rp2 triliun,” lanjutnya.

ACES tercatat menebar dividen sebesar Rp20,59 per saham untuk tahun buku 2021. Dividen tersebut setara dengan 50 persen dari laba bersih ACES pada 2021 yang mencapai Rp718,8 miliar.

DPR Ace Hardware sempat mencapai 74,77 persen pada tahun buku 2020 atau sebesar Rp32,15 per saham. Sementara itu pada 2019 dividen yang dibayar adalah sebesar Rp18,10 per saham atau 30,17 persen dari laba bersih.

Berdasarkan laporan keuangan kuartal III/2022 yang belum diaudit, laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk ACES mencapai Rp351,71 miliar, tumbuh 8,93 persen secara tahunan year-on-year (yoy) dibandingkan dengan Januari—September 2021 sebesar Rp322,85 miliar.

Kinerja ini berbalik dari penurunan laba yang sempat dialami ACES sepanjang semester I/2022. Sampai Juni 2022, laba bersih ACES hanya mencapai Rp242,39 miliar atau turun 12,47 persen yoy dari Rp276,93 miliar.

Kenaikan laba tidak lepas dari naiknya penjualan ACES. Sampai akhir kuartal III/2022, ACES mengakumulasi penjualan bersih sebesar Rp4,89 triliun, tumbuh 4,28 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp4,69 triliun.

Produk perbaikan rumah menjadi kontributor kenaikan terbesar dengan total penjualan Rp2,61 triliun, dibandingkan dengan Rp2,45 triliun per September 2021. Sementara itu, penjualan produk gaya hidup cenderung stagnan di Rp1,97 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper