Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Progres XL Axiata (EXCL) Suntik Mati Sinyal 3G, Bocoran Capex 2024

XL Axiata (EXCL) menggunakan dana belanja modal untuk ekspansi ke jaringan 4G.
CEO PT XL Axiata Tbk. Dian Siswarini/XL Axiata
CEO PT XL Axiata Tbk. Dian Siswarini/XL Axiata

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. (EXCL) terus melakukan penataan ulang hampir seluruh jaringan 3G milik perseroan, dan melanjutkan ekspansi jaringan 4G pada tahun depan. 

Group Head Corporate Communications XL Axiata Retno Wulan mengatakan hingga saat ini hampir seluruh jaringan 3G XL Axiata telah dilakukan penataan ulang ke 4G. Menurutnya, tinggal sedikit jaringan 3G yang harus dinonaktifkan XL Axiata.

"Hanya tinggal sedikit sekali. Hingga akhir Oktober 2022, tinggal sekitar 1.900 BTS 3G lagi," kata Retno kepada Bisnis, Selasa (13/12/2022).

Dia melanjutkan, EXCL menggunakan dana belanja modal untuk ekspansi ke jaringan 4G. Namun, Retno menuturkan pihaknya belum bisa menyampaikan besaran belanja modal untuk ekspansi ke jaringan 4G tahun depan.

"Capex tahun depan saat ini belum bisa kami sampaikan, dan untuk alokasinya tentu salah satunya adalah untuk mendukung perluasan dan pengembangan infrastruktur jaringan sebagai salah satu fokus pilar pertumbuhan perusahaan," ujar dia.

Sebagai informasi, untuk membiayai pembangunan jaringan dan mendorong pertumbuhan pendapatan, nilai capitalized capex EXCL selama periode 9 bulan 2022 dijaga pada level yang sama dengan tahun sebelumnya di Rp6,32 triliun.

Pada tahun 2022 ini, XL Axiata berencana tetap akan mengalokasikan belanja modal dengan nilai sekitar Rp9 triliun.

XL Axiata mengalokasikan 70 persen dari total Rp9 triliun dana belanja modal untuk ekspansi jaringan. Hingga akhir September 2022, XL Axiata total memiliki lebih dari 145.000 BTS 2G dan 4G, dengan jumlah BTS 4G meningkat signifikan mencapai 90.174 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper